Social Media

Share this page on:

100 Ribu Keping Blangko E-KTP Tambahan, Dispendukcapil Kabupaten Malang Siap Tuntaskan Target

13-02-2018 - 07:21
Ilustrasi pencetakan E-KTP. Di Kabupaten Malang proses pencetakan E-KTP pengganti suket ditarget selesai akhir Februari. (Kemendagri RI)
Ilustrasi pencetakan E-KTP. Di Kabupaten Malang proses pencetakan E-KTP pengganti suket ditarget selesai akhir Februari. (Kemendagri RI)

MALANGTIMES - Setelah awal tahun 2018 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang hanya mendapat 100 ribu keping blangko E-KTP dari permintaan sebanyak 140 ribu,  kini di bawah kepemimpinan baru Sri Meicharini,  pusat menambah kebutuhan blangko tersebut. 

Di bulan Februari 2018, Dispendukcapil Kabupaten Malang kembali mendapat jatah 100 ribu keping E-KTP. Artinya,  sudah ada 200 ribu blangko yang siap untuk dicetak. Baik untuk mengganti surat keterangan (suket) penduduk yang berjumlah 140 ribu lembar maupun bagi wajib E-KTP baru. 

iklan

Tambahan blangko E-KTP ini dibenarkan oleh Sri Meicharini, kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang yang menggantikan Purnadi. "Ini kami memang mendapat tambahan blangko. Dengan tambahan ini, tentunya kami aman untuk menyelesaikan PR (pekerjaan rumah,  red) mengganti suket, " kata Rini, sapaan kadispendukcapil Kabupaten Malang,  Selasa (13/02). 

Dari total 140 ribu suket yang akan diganti, blangko E-KTP masih akan tersisa sebanyak 60 ribu keping. Sisa blangko inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk para wajib E-KTP baru yang di tahun ini memasuki usia yang disyaratkan memiliki identitas kependudukan. 

"Tapi kita fokuskan untuk selesaikan pemegang suket dulu. Targetnya seperti itu. Akhir Februari ini kita optimis selesai semua, " tegas Rini. Sikap optimistis tersebut didukung dengan pola kinerja pegawai Dispendukcapil Kabupaten Malang yang terbiasa bekerja dalam target ketat. 

Hendro Wahono, kepala bidang (kabid) pelayanan pendaftaran penduduk Dispendukcapil Kabupaten Malang, menyatakan,  pihaknya optimistis bisa menyelesaikan target yang sejak awal tahun telah dicanangkan. "Optimis selesai,  karena untuk penggantian suket sebenarnya kendalanya ada di ketersedian blangko. Kini blangko sudah ada dan jumlahnya diatas kebutuhan untuk penggantian suket, " ujar dia.  

Selain hal tersebut,  Hendro menegaskan, dengan militansi karyawan Dispendukcapil Kabupaten Malang serta ditunjang peralatan yang memadai,  target tersebut bisa diselesaikan.  "Dengan mempergunakan 8-10 komputer yang ada,  kami mampu mencetak sebanyak 500 E-KTP dari setiap komputer. Ini dari pengalaman kemarin-kemarin, “ kata Hendro  kepada MalangTIMES. "Asal jaringan internet tidak terkendala masalah seperti kemarin-kemarin, Mas, " pungkasnya. (*) 


Pewarta : Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Top