Social Media

Share this page on:

Atlet Paralayang Kota Batu Juara I di Eropa

23-02-2018 - 16:23
Rika (tengah) saat berfoto bersama Marketa Tomaskova asal Ceko (kiri) dan Veronika Culkova (kanan) di Siprus, Eropa Timur. (Foto: KONI Kota Batu for BatuTIMES)
Rika (tengah) saat berfoto bersama Marketa Tomaskova asal Ceko (kiri) dan Veronika Culkova (kanan) di Siprus, Eropa Timur. (Foto: KONI Kota Batu for BatuTIMES)

MALANGTIMES - Atlet paralayang Kota Batu Rika Wijayanti kembali menorehkan prestasi moncer di tingkat internasional. Baru-baru ini Rika meraih juara I kategori kompetisi Paragliding Acuracy World Cup (PGAWC) 2018 di Siprus, Eropa Timur, 16-18 Februari 2018 lalu. 

Yang lebih membanggakan lagi, Rika bisa mengalahkan idolanya, Marketa Tomaskova asal Ceko, dan menggesernya menjadi juara II. Sedangkan juara III diduduki Veronika Culkova.

iklan

“Yang paling berkesan di PGAWC seri I ini adalah saya bisa mengalahkan idola saya. Idola saya ini top bangetlah dan memang senior,” kata perempuan 24 tahun ini.

Dalam seri pertama ini, Rika mengalahkan 88 atlet dari 23 negara. Tentunya tidak mudah bagi Rika meski sering menjuarai event internasional.

Menurut Rika, kendala saat mengikuti seri pertama ini adalah masalah angin terlalu kencang sehingga hanya mendapatkan sedikit penerbangan. “Ya sempat waswas sih. Kan ada maksimal angin. Jadi, kalau sudah melebihi kecepatan angin, kita tidak boleh terbang,” ungkapnya kepada BatuTIMES.

Usai mengikuti PGAWC seri I, Rika mempersiapkan diri tampil di Asian Games di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Rika menjadi wakil Indonesia dan juga kota kelahirannya, Kota Batu. “Cuma kalau ada tryout ke luar negeri lagi, ya berangkat,” jelas alumnus SMK 17 Agustus Kota Batu ini.

Target dalam ajang ini, Rika ingin menjadi juara dunia PGAWC 2018. Karena itu, dia bertekad mengumpulkan banyak poin dalam rangkaian seri PGAWC 2018. 

Rika juga telah menjajal lokasi paralayang terbaik di luar negeri. Misalnya di Thailand, Malaysia, Albania, Serbia, Kanada, dan Slovenia.

Meskipun menjuarai berbagai turnamen dan event bergengsi, Rika mengaku tidak berhenti belajar. Ia akan terus memacu semangatnya dan terbang tinggi guna meraih prestasi yang terbaik di udara. (*)


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan

Top