Social Media

Share this page on:

Patut Ditiru, Cara Singo Yudho Agro Bikin Kambing Gemuk dan Sehat

13-03-2018 - 08:37
Sulaiman dari Singo Yudho Agro Gondanglegi saat memberikan pakan hasil inovasinya kepada kambing Jawa miliknya. (Nana)
Sulaiman dari Singo Yudho Agro Gondanglegi saat memberikan pakan hasil inovasinya kepada kambing Jawa miliknya. (Nana)

MALANGTIMES - Selalu ada inovasi baru di masyarakat Kabupaten Malang, baik di sektor pertanian maupun peternakan, yang telah menempatkan wilayah pimpinan Bupati Dr H Rendra Kresna itu sebagai wilayah dengan potensi besar di dua bidang tersebut. 

Berbagai inovasi tersebut bahkan telah diakui secara nasional dan direplikasi oleh berbagai daerah di Indonesia. Kini, inovasi terbaru lahir dari tangan para Singo Yudho Agro, sebuah kelompok tani di Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi. 

iklan

Dari kreativitasnya mengolah berbagai hasil sisa perkebunan,  seperti bongkol jagung,  bekatul,  polar serta tetes gula tebu yang tersedia melimpah di Bhumi Singo Edan ini, lahirlah alternatif pakan ternak  yang telah terbukti ampuh membuat kambing menjadi sehat dan cepat gemuk. 

"Pakan ternak  hasil olahan sederhana ini ternyata sangat cocok untuk kambing. Selain menyehatkan, dari sisi biaya terbilang hemat," kata salah satu anggota Singo Yudho Agro, Sulaiman,  Selasa (13/03). 

Sulaiman, yang telah membuktikan sendiri pakan ternak kambing dengan teknologi fermentasi dari bahan-bahan alami tersebut, menegaskan, 19 ekor kambing peliharaannya yang diberi pakan tersebut pertumbuhannya sangat memuaskan. "Terlihat beda dibandingkan dengan pakan konvensional kambing, yaitu rumput maupun dedaunan, " ujarnya. 

Inovasi sederhana pakan kambing dari Singo Yudho Agro ini pun relatif mudah untuk ditiru dan disebarluaskan kepada masyarakat,  khususnya para peternak kambing. Berbagai bahan dasar pakan,  seperti bonggol jagung, bekatu, polar serta tetes gula tebu dicampur dan diaduk menjadi satu. Setelah merata, pakan fermentasi ini ditaruh di dalam drum plastik lalu ditutup selama beberapa jam. 

"Kalau sudah seperti itu, tinggal diberikan kepada kambing untuk pakannya. Sangat mudah dan tentunya prospektif untuk dikembangkan, " ujar Sulaiman yang bersama kelompok Singo Yudho Agro akan melibatkan masyarakat sekitar dalam mengolah pakan kambing secara masal. 

Inovasi-inovasi sederhana yang lahir dari  tangan-tangan masyarakat di Kabupaten Malang,  selain menguntungkan para pelaku, juga mampu menyerap tenaga kerja dalam memasifkan berbagai produk tersebut. Sekali dayung tiga pulau terlampaui. Begitulah peribahasa yang tepat dengan inovasi yang lahir dari Singo Yudho Agro ini. (*) 


Pewarta : Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Top