Social Media

Share this page on:

Menteri Pariwisata dan Panglima TNI Sambut Positif Tiga Program Besar Pariwisata Kabupaten Malang

13-03-2018 - 18:41
Bupati Malang Rendra Kresna bersama jajaran terkait saat audiensi penguatan tiga program besar kepariwisataan Kabupaten Malang di ruang kerja Menteri Pariwisata, Selasa (13/03) (for MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna bersama jajaran terkait saat audiensi penguatan tiga program besar kepariwisataan Kabupaten Malang di ruang kerja Menteri Pariwisata, Selasa (13/03) (for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang terus menggenjot sektor pariwisata di tahun 2018 ini. Karena sektor ini terbukti mendongkrak perekonomian masyarakat desa. 

Sejak dua tahun terakhir,  kesadaran menggali potensi pariwisata di berbagai desa telah tumbuh semakin kuat. Serta menghasilkan kemampuan luar biasa di berbagai wilayah desa. 

iklan

Selain menumbuhkan kemampuan masyarakat di sektor pariwisata,  Pemerintah Kabupaten Malang juga terus mengawal berbagai proyek  besar yang akan menguatkan branding The Heart of East Java ini. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Malang Tomie Herawanto yang mendampingi Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menyebutkan ada tiga agenda besar dalam sektor pariwisata yang kini sedang dalam tahap penetapan saat audiensi dengan Kementerian Pariwisata RI di ruang kerjanya, Selasa (13/03), . 

Pertama, mengenai penguatan dan pelaksanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari. "Untuk KEK menjadi agenda yang disampaikan bapak Bupati kepada Menteri Pariwisata (Arief Yahya, red)," kata Tomie kepada MalangTIMES,  Selasa (13/03). 

Agenda kedua adalah mengenai Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Bromo Tengger Semeru (BTS) yang ada di Wonosari dan Tumpang. Sedangkan yang terakhir adalah infrastruktur sarana prasarana pendukung kedua wilayah tersebut,  yaitu berupa Bandar Udara Abdul Rachman Saleh. 

Tiga agenda besar yang sejak tahun lalu telah dilakukan berbagai pertemuan lintas sektoral inilah yang kembali dikuatkan oleh Rendra Kresna melalui audiensi penguatan terhadap Menteri Pariwisata. 

"Responnya sangat positif dan mendukung tiga program besar pariwisata tersebut," ujar Tomie.

Tomie juga menjelaskan tiga proyek tersebut dalam proses penetapan. "Proyek ini bersifat nasional dan melibatkan Provinsi dan daerah. Sinergitas tentunya menjadi hal mutlak dan penting dalam merealisasikannya, " imbuhnya. 

Disinggung mengenai mencuatnya kembali usulan Bandar Abdul Rachman Saleh untuk kembali dijadikan bandara internasional, Tomie menyampaikan,  setelah melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata, Bupati Malang dan jajaran langsung bertandang ke Panglima TNI. 

Hal ini juga berkenaan dengan status Bandara yang merupakan wilayah TNI Angkatan Udara (AU). "Karenanya kita juga bertandang ke Panglima TNI dalam persoalan tersebut. Alhamdulillah responnya juga sangat positif dan mendukung rencana tersebut," ujar Tomie. 

Berbagai proses penguatan pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang tersebut semakin mencerminkan langkah nyata dalam membangun tingkat kesejahteraan masyarakat di bawah kepemimpinan Rendra Kresna. 


Pewarta : Nana
Editor : A Yahya
Publisher : bayu pradana

Top