Social Media

Share this page on:

Kagum Kepahlawanan Bung Karno, Ibunda Jokowi Kunjungi Istana Gebang di Blitar

15-04-2018 - 12:43
Tampak ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, mengamati foto-foto perjuangan Bung Karno di Istana Gebang. (Foto:M.Prayogo/BlitarTIMES)
Tampak ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, mengamati foto-foto perjuangan Bung Karno di Istana Gebang. (Foto:M.Prayogo/BlitarTIMES)

Rombongan ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomihardjo, dalam acara liburan panjang akhir pekan di Blitar pada Minggu (15/4/2018) mengunjungi Istana Gebang. Di sini ibunda dari presiden ke-7 RI ini terlihat tertarik dengan kisah kehidupan masa muda Bung Karno yang penuh perjuangan demi bangsanya.

Ibunda Jokowi tiba di Istana Gebang sekitar pukul 10.30. Ibunda Jokowi langsung masuk ke rumah peninggalan orang tua Bung Karno itu. Ibunda Jokowi tampak melihat barang-barang peninggalan Bung Karno dan keluarganya yang tersimpan. Antara lain tongkat Asia Afrika yang terbuat dari gading gajah yang masih tersimpan apik. Lalu, juga dilihat meja kerja Bung Karno yang terlihat sederhana namun bisa membuat karya-karya hebat.

iklan

Waktu melewati lorong sebelah ruang tengah, tampak kekaguman ibunda Jokowi melihat foto-foto masa perjuangan Bung Karno yang ditempel berjajar di dinding Istana Gebang. Dia dengan serius dia mendengarkan penjelasan guide tentang kisah Bung Karno yang dipenuhi perjuangan demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, foto dengan lukisan Bung Karno di Istana Gebang bersama kapolres Blitar Kota dan dandim 0808/Blitar. (Foto:M Prayogo/BlitarTIMES)

Setelah itu, ibunda Jokowi menyempatkan berfoto di lukisan Bung Karno dan mobil antarjemput presiden bersama rombongan keluarganya. "Bung Karno memang seorang pemimpin yang harus menjadi teladan. Dari foto-foto yang tersimpan di Istana Gebang, beliau sangat sungguh-sungguh memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia," kata ibunda Jokowi sebelum meninggalkan Istana Gebang.

Menurut Sujiatmi, banyak sifat Bung Karno yang harus dicontoh pemimpin Indonesia, termasuk anaknya, Joko Widodo. Semangat dan kegigihan Bung Karno memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia harus terus dikobarkan bagi seluruh rakyat Indonesia. "Semangat Bung Karno itu penting untuk meneruskan pembangunan di Indonesia," ujarnya.

Setelah itu, rombongan bergeser mencari pusat oleh-oleh Blitar sebelum perjalanan pulang ke Solo. Dan ini merupakan hari liburan terakhir ibunda Jokowi dan keluarga di Blitar sejak Sabtu kemarin (14/4/2018). (*)


Pewarta : Mardiano Prayogo
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES (JatimTIMES Network)

Top