Social Media

Share this page on:

Pemkot Batu Kejar Tambahan PAD dari Sewa Gedung, Apa Saja?

15-04-2018 - 20:35
Salah satu aset di Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu aset di Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini Pemkot Batu bakal mengoptimalkan aset gedung di beberapa titik yang tidak terpakai. Jika tahun lalu ada sembilan gedung kosong, memasuki tahun 2018 beberapa gedung sudah dimanfaatkan.

Seperti di Jalan Cemara, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu atau bekas kantor Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan sudah dimanfaatkan oleh KPP Pratama Batu.

iklan

“Beberapa sudah ada yang digunakan seperti KPP Pratama Batu yang memanfaatkan bekas gedung yang ada di Desa Sidomulyo,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Di sisi lain ada gedung bekas Dinas Pendidikan Kota Batu yang sudah dimanfaatkan oleh Panitia Pengawas Pemilu. Dan sebagian lagi dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran SMAN 3 Batu. 

Ia menambahkan tahun ini Pemkot Batu mengupayakan peningkatan PAD pada sektor aset gedung. Apalagi saat ini ada beberapa gedung terus diminati masyarakat.

Punjul mencontohkan  gedung Dinas Cipta Karya di jalan Kartini Kecamatan Batu meskipun mangkrak sudah banyak yang melirik. Hanya saja, area depan gedung ini dimanfaatkan untuk parkir mobil pemadam kebakaran. Bahkan dari luar tampak tidak terawat dan kaca gedung juga ada yang pecah.

Jika dimanfaatkan secara tidak langsung bangunan akan lebih rapi dan tidak mangkrak. “Kan lebih baik dipakai, karena kalau tidak dimanfaatkan alias mangkrak tidak terurus maka akan jadi rusak. Karena itu PAD tahun ini ada pemasukan dari sektor aset gedung,” imbuhnya, Minggu (15/4/2018).

Menurutnya bekas gedung Dinas Cipta Karya ada yang ingin memanfaatkan untuk hotel hingga outlet. “Nanti akan kami buat sistem sewa pinjam. Sedangkan untuk sewa pinjam menyesuaikan harganya,” jelas politisi PDIP ini.

Sementara, bangunan lainnya seperti bekas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu sudah disewakan  ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu.

Kejari Batu rencananya menggunakan gedung ini untuk persidangan. "Untuk bangunan bekas Dispendukcapil dipakai kejari. Digunakan untuk sidang supaya tidak jauh-jauh ke Kota Malang," ucap Punjul.

Selanjutnya, di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu, ada gedung Badan Penanaman Modal yang kini digunakan oleh Dinas Perhubungan sebagai markas pemantauan CCTV. Di area yang sama juga ada gedung Dinas Pariwisata yang saat ini sudah digunakan oleh kantor BPJS Kesehatan. 

Lalu ada bekas gedung Dispora sekarang sudah dipakai untuk kantor KONI Batu. Dan bekas Dinas Sosial di Jalan Raya Punten, Kecamatan Bumiaji digunakan untuk gudang BPBD.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Sumber : Batu TIMES (Jatim TIMES Network)

Top