Social Media

Share this page on:

Ghostbusters Koruptor Ala Peramal Togel

11-05-2018 - 08:26
Ilustrasi tim Ghosbusters Koruptor ala Sokib (detikcom/ist)
Ilustrasi tim Ghosbusters Koruptor ala Sokib (detikcom/ist)

*dd nana

Koruptor. Duh,  rasanya kalau menulis tentang hal ini ibarat garami lautan. Terlalu banyak yang telah mengomentari,  menulis cara agar korupsi tidak beranak-pinak, sampai pada berbagai acara keagamaan yang menyerukan kotor dan bejatnya moral para koruptor. Hasilnya, mbegegek... korupsi terus melenggang. 

iklan

Bahkan pasukan khusus yang dibentuk untuk memerangi para koruptor dan berujung pada ketokan palu hakim yang menggiring koruptor ke jeruji besi.  Tidak pernah membuat takut calon-calon koruptor yang telah lama antri mengambil perannya. Antrian tersebut kalau kasat mata mungkin ngalah-ngalahin audisi Indonesia Idols. 

"Terus caranya menghentikan para koruptor piye? " tanya Somad. Lelaki kurus penghobi manuk ini,  melanjutkan pertanyaan. "Apa tidak ada lagi yang membuat mereka takut di negeri ini? ". 

Banyak cara menghentikan koruptor. Seperti yang kerap kita dengar di televisi atau di seminar-seminar. "Dari pemiskinan,  penjara sampai pencabutan hak politik, " jawab Sokib. 

"Kok masih banyak kasus korupsi? " kejar Somad. 

"Karena cara penindakannya ada di buku-buku,  televisi,  ruang seminar. Coba pemerintah membentuk divisi khusus lainnya selain KPK untuk tangkapi koruptor, " jawab Sokib sambil menggambar sebuah lingkaran dengan makhluk putih serupa casper (hantu baik hati) di tengahnya. 

Sokib memperlihatkan gambar tersebut. "Bentuk divisi Ghostbusters Koruptor. Dijamin deh korupsi tiarap, " kekehnya. 

"Ghostbusters koruptor? Sotoy ah lo. Itukan group pemburu hantu bukan pemburu koruptor. Lo mah masih saja percaya pada tahayul gitu, " sungut Somad. 

Sokib berdehem. Sikap duduknya berubah walau tampangnya tetap saja tidak berubah, wajah pasaran. Dari mulutnya keluarlah konsep yang disampaikannya tadi. 

Tim Ghostbusters walau terlihat wajahnya konyol dan  gokil di televisi saat itu (film komedi supranatural Amerika Serikat ini dirilis tahun 1984) tapi handal dalam menangkap hantu yang kerap menggoda dan merusak tatanan kehidupan manusia. Dengan berbagai alat berteknologi yang mereka pakai untuk menguber hantu, mereka berhasil mengurung para hantu jail dan jahat tersebut. 

"Kehandalan mereka sampai membuat pejabat,  pengusaha sampai rakyat menyewa mereka untuk menangkap hantu. Nah kalau hantu saja bisa ditaklukkan,  mosok koruptor tidak bisa, " urai Sokib.

"Duh Kib ngaco lo level pasien eresje. Enggak sekalian aje tuh tim Ghostbusters Koruptor dari jenisnya ceu Imas semua. Semlehoy... ". 

Sokib tersenyum, dan berkata. Maksudku begitu juga. Kalau tim Ghostbusters kayak para pemain lawas di tivi dulu yang diperankan oleh Bill Murray, Dan Aykroyd, Sigourney Weaver, Harold Ramis, Rick Moranis, dan Ernie Hudson,  ya enggak mempan. Tim ghostbuster koruptor harus ikuti era milineal sekarang. "Berparas ayu berbody semlohey. Pasti pada klepek-klepek para koruptor tuh, " ujarnya berapi-api. 

Sokib melanjutkan, orang kalau sudah tahta digenggam dan hatinya dikubur dalam-dalam atau dilempar ke laut selatan yang dicari pasti uang,  uang,  uang. Dan tentunya wanita,  wanita,  wanita. 

"Emang gampang bentuk tim gituan Kib? "

Sokib geleng-geleng kepalanya. Bukan mengiyakan sohibnya,  tapi heran dengan ketidaktahuannya. "Potensi esdeem kita tentang gituan kan banyak. Lihat tuh di tivi. Para pemburu hantu banyak yang ayu-ayu sekarang. Mereka juga terlihat pinter-pinter dalam soal buru memburu kan? Hantu aja mereka tidak takut,  apalagi kalau berhadapan dengan manusia, " ujarnya. 

"Tapi mereka tampangnya serius-serius Kib. Tidak kayak tim ghosbuster-nya yang dibesut Ivan Reitman. Menurutku,  hadapi koruptor selain pakai pasukan para wanita juga wajib punya sense humor tinggi, " kini Somad yang berapi-api. 

Sokib manggut-manggut. Dia berpikir. Kenyataannya sebagian koruptor yang ditangkap memang tidak memiliki daya humor di hatinya. Mereka terbiasa serius di dalam forum apapun. Yang keluar dari mulutnya hal-hal berat tentang nasib rahayat Indonesia yang ratusan juta,  tentang masa depan bangsa,  tentang bagaimana cara membuat dirinya sempurna. Tidak ada ruang humor di hati mereka. 

"La kan memang katanya tadi hatinya sudah dikubur dalam atau dibuang ke lautan, " kata Somad. Sokib angguk-angguk lagi dan kembali berbicara. 

Humor dan klenik adalah perpaduan sempurna dalam perang dengan para koruptor. Tim ghostbusters wedok wajib segera dibentuk. "Pencurian tak kasat mata harus  dilawan dengan cara mistis atau supranatural. Pasti menang, " lanjut Sokib gembira dengan idenya ikut serta membantu negara tercinta. 

"Otak lo menceng Kib,  Mad. KPK aja ngos-ngosan,  nih kok ada ghostbuster segala. Ini zaman internet,  kok ide mentok ke hal supranatural. Malu-maluin bangsa Indonesia aja lo pade, " tiba-tiba Imas sahut. 

Sokib yang  sudah siap-siap memburu para perempuan untuk dijadikan tim ghostbusters koruptor,  tidak mau kalah debat. Dia paparkan,  bahwa masyarakat yang dikiblati kita mengenai teknologi dan ilmu pengetahuan yaitu AS dan Inggris,  sepertiga masyarakatnya percaya dengan hal supranatural. 

Bahkan menurut situs ParanormalSocieties.com ada lebih dari 3.600 kelompok pemburu hantu yang terdaftar di AS. "Di Kanada   ada 53 organisasi dan di Inggris sekitar 57. Ini artinya yang bau-bau klenik pun masih hidup di sana, " terang Sokib. 

Imas melonggo. Bibir indahnya terbuka dan membuat Sokib langsung menjentikkan tangannya. 

"Satu calon tim ghostbuster koruptor sudah terpilih. Imas Sukemis, ". 

*Pecinta kopi lokal gratisan



TAG'S

BERITA TERKAIT

BACA JUGA

Top