Social Media

Share this page on:

Dispendukcapil Buka Layanan Hari Libur di Bulan Ramadan dan Idul Fitri

21-05-2018 - 14:50
Pengumuman penambahan jam pelayanan di hari libur di Dispendukcapil Kabupaten Malang saat Ramadan dan Lebaran nanti (Nana/MalangTIMES)
Pengumuman penambahan jam pelayanan di hari libur di Dispendukcapil Kabupaten Malang saat Ramadan dan Lebaran nanti (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang mengeluarkan kebijakan pelayanan yang patut diapresiasi.

Kebijakan tersebut adalah melakukan optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan di hari libur selama bulan Ramadan sampai Lebaran. 

iklan

Kebijakan penambahan waktu pelayanan tersebut,  tentunya akan menjadikan masyarakat ikut terbantu dalam pengurusan administrasi di hari libur yang biasanya tidak ada pelayanan. Selain di hari libur juga mereka baru memiliki waktu untuk mengurus kebutuhannya. 

Penambahan jam layanan kerja tersebut,  menurut Sri Meicharini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang dalam upaya memberikan pelayanan optimal di bulan Ramadan dan Lebaran nanti. 

"Dimungkinkan pada waktu-waktu tersebut,  misalnya warga baru bisa mengurus administrasi kependudukannya. Karenanya kita buka pelayanan sabtu dan minggu juga, " kata Rini sapaan Kadispendukcapil Kabupaten Malang, Senin (21/5/2018). 

Rini melanjutkan, adanya penambahan jam layanan tersebut diharapkan bisa dimaksimalkan masyarakat Kabupaten Malang yang belum memiliki atau sedang mengurus administrasi kependudukan.

"Kita harapkan bisa dimaksimalkan layanan tambahan kita. Karena di hari Sabtu dan Minggu,  warga juga tidak bisa mengurus layanan kependudukan di kecamatan karena libur. Karena itu silahkan warga ke kantor kami, " ujarnya. 

Dispendukcapil Kabupaten Malang menyampaikan layanan tambahan jam di hari libur di mulai dari tanggal 19 Mei 2018 sampai dengan tanggal 20 Juni 2018. Di hari sabtu dan minggu serta saat cuti bersama dan idul fitri. 

Sedangkan untuk kam pelayanan di hari normal,  yaitu senin sampai dengan kamis, dibuka sejak  pukul 08.00-13.00 WIB. Untuk hari jumat pelayanan dimulai dari  pukul 08.00-11.00 WIB. 

"Di hari libur kita buka dari pukul 08.00-13.00 WIB seperti hari biasa di bulan Ramadan, " ujar Rini yang menegaskan bahwa petugas pelayanan tentunya tetap mendapatkan haknya bekerja di luar jam kantor biasanya,  yaitu berupa upah lembur. 

Adanya pelayanan tambahan di hari libur juga diproyeksikan untuk menyasar para pelajar yang sudah wajib memiliki tanda kependudukan. Di hari  minggu mereka bisa memanfaatkan layanan tersebut. 


Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan

Top