Social Media

Share this page on:

Wanita Asal Malang 'Digaji' YouTube Ribuan Dollar (2-habis)

Digunjing Tetangga, Kini Raup Ribuan Dollar dari YouTube Hingga Diundang Dedy Corbuzier

22-05-2018 - 18:25
Fera Chocolatos (kanan) saat bersama Emil Dardak (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Fera Chocolatos (kanan) saat bersama Emil Dardak (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pembaca barangkali familiar dengan chanel YouTube Bayu Skak. Tetapi YouTuber sukses dari Bhumi Arema Malang bukan hanya Bayu seorang. Ada wanita bernama Fera Setyawati. Chanel YouTube miliknya, Fera Chocolatos, punya lebih dari 500.000 subscribers.

Mengawali unggah video pada tahun 2014 silam, kini satu video cover lagu besutan Fera bisa ditonton lebih dari dua juta viewers! Tak heran kantong Fera cukup tebal. Bayangkan saja setiap bulan ia mendapat 'gaji' dari YouTube hingga ribuan Dollar US.

Kesuksesan Fera meraih cukup banyak pengikut di YouTube bukan tanpa perjuangan. Alumnus SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi itu mengaku seringkali digunjing para tetangga. "Banyak tetangga yang sinis pada saya. Apalagi saya sering pulang malam. Ya dibilang kerja apa begitu," cerita dia pada MalangTIMES.

BACA JUGA : Awalnya Iseng, Kini Satu Video Cover Lagu Ditonton Lebih 1 Juta Viewers

Tinggal di Gondanglegi Kabupaten Malang, tak bisa dipungkiri kegiatan yang dilakoni Fera terbilang tak biasa bagi masyarakat setempat. "Apalagi saya latihan sampai malam. Terus kok bawa-bawa kamera sama alat musik. Mungkin dipikir saya kerja apa gitu. Tapi begitu mereka nonton acara Dedy Corbuzier di TV. Mereka bilang tibak e arek iki penyanyi tho," kata dia menirukan ucapan para tetangga.

Ya, Fera memang pernah diundang ke acara yang dipadu presenter kondang Dedy Corbuzier. Kala itu, ia berkesempatan duduk bareng penyanyi Anji Manji. "Waktu itu diundang di Hitam Putih bareng kak Anji. Dan pas konser di Malang diajak satu panggung," ucapnya.

Kesuksesan Fera menjadi penyanyi tak lepas dari peran orangtua. Dia mengaku didukung penuh meski awalnya sang Ibu sempat bertanya apa yang ia lakukan.

Perlahan tapi pasti dengan pundi-pundi rupiah yang ia dapat dari YouTube, Fera membuktikan diri sosial media bisa meraup untung. "Ya pernah ditanya tapi lama-lama tahu juga apa yang saya lakukan. Apalagi yang dari YouTube lebih banyak saya tabung," kata dia.

Uang yang ia terima dari YouTube bisa capai angka 1.300 Dollar US. Tetapi, kata Fera, jumlahnya tak mesti. "Ya kadang enggak sampai ribuan cuma ratusan Dollar saja," ungkapnya. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : A Yahya
Publisher :


Top