Social Media

Share this page on:

Kangen Es Cemot Khas Malang? Buat Sendiri Yuk, Simak Resep Berikut

24-05-2018 - 12:58
Es cemot khas Malang yang ada di kawasan Mergan Kecamatan Sukun Kota Malang (foto: Twitter @escemotmergan)
Es cemot khas Malang yang ada di kawasan Mergan Kecamatan Sukun Kota Malang (foto: Twitter @escemotmergan)

MALANGTIMES - Namanya es cemot. Istilah 'cemot' dipakai karena kebiasaan meninggalkan sisa-sisa es di mulut. Nah, sisa-sisa es inilah yang disebut dengan 'cemot' dalam bahasa Jawa. 

Es cemot banyak dijual keliling oleh pedagang. Sayang, kini jarang ditemui penjual yang masih setia menjajakan es cemot khas Malang. 

iklan

Es cemot adalah perpaduan alpukat, kelapa muda, santan, mutiara dengan topping ice cream di atasnya. Dilihat dari komposisi bahan, sekilas memang mirip dengan es teler maupun es buah. 

Nah, daripada penasaran bagaimana rasa es cemot yang legendaris buah sendiri saja yuk di rumah. Dilansir dari Umi Resep berikut langkah-langkah mudah membuat es cemot khas Malang.
Siap-siap untuk menu buka puasa nih.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah: 100 gram sagu mutiara (direbus dahulu sampai lunak lalu tiriskan); satu buah kelapa muda (dikeruk daging saja); dua lembar daun pandan; 500 mililiter santan kelapa; madu: garam 1/4 sendok teh; ice cream rasa strawberry, cokelat, dan vanila; dua buah alpukat; sirup gula; dan es batu.

Selain bahan-bahan di atas, ada juga sirup gula yang membuat sensasi berbeda kuliner legendaris ini. Untuk  membuat sirup gula diperlukan: satu lembar daun pandan, gula pasir 75 gram, dan air putih 100 mililiter. 

Langkah-langkah membuat es cemot khas Malang ialah merebus larutan gula hingga mendidih. Sisihkan. Selanjutnya, santan kelapa direbus bersama daun pandan dan garam. 

Siapkan gelas saji. Sagu mutiara yang telah direbus masukan pada gelas saji bersama daging alpukat serta kelapa parutnya. Tambahkan sirup gula serta ice cream aneka rasa sebagai topping. Selesai dan es cemot khas Malang siap menemani Anda berbuka puasa. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan

Top