Social Media

Share this page on:

Daftar 10 Besar SMP Kota Malang Dengan Nilai UN Terbaik, Kadisdik Serukan Ini

25-05-2018 - 18:13
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah saat ditemui di ruangannya beberapa waktu silam (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah saat ditemui di ruangannya beberapa waktu silam (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Label Kota Pendidikan yang lama disematkan pada Kota Malang  tidak cuma isapan jempol. Dari daftar nilai terbaik Ujian Nasional (UN) tingkat SMP, Kota Malang berhasil menjadi jawara di Jawa Timur. Posisi kedua ditempati Kota Madiun. Dan ketiga ialah Kota Blitar.

Dari daftar peringkat rata-rata nilai UN, SMPN 3 Malang menduduki posisi puncak. Rata-rata total nilai siswa SMP yang berada di kawasan Jalan Dr Cipto itu ialah 84,85. Di posisi kedua adalah SMPN 1 Malang. Sayang, rata-rata nilai UN siswa mereka masih kalah jauh. Rata-rata nilai UN SMPN 1 Malang ialah 81,90.
Posisi ketiga adalah SMPN 5 Malang dengan nilai rata-rata 80,17.

Meski SMPN 3 Malang menjadi yang terbaik tetapi siswa dengan predikat nilai tertinggi bukan berasal dari SMP tersebut. Nilai tertinggi diraih oleh Hanif Fatkhurrohman Abadi (total nilai 386.00) dari SMP Unggulan Al-Ya’lu. Dan berikut daftar sepuluh besar SMP Kota Malang dengan rata-rata nilai UN tertinggi.

iklan

Terkait prestasi membanggakan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah bersyukur. Ucapan Alhamdulillah tak berhenti mengalir.

"Bersyukur bisa meraih lagi nilai tertinggi. Ini tak lepas dari kerja keras stakeholder. Karena prestasi itu kan kerjasama antara yayasan, guru, orangtua dan juga siswa itu sendiri. Alhamdulillah," kata wanita yang akrab disapa Ida itu pada awak media, Jumat (25/5/2018).

Ida menegaskan bukan kali pertama Kota Malang sebagai pemuncak nilai UN tertinggi di Jawa Timur. "Saya lupa pastinya tahun lalu. Tapi insya Allah bertahan. Dan Kota Malang ini di Jawa Timur sudah diakui sebagai yang jujur dan memiliki integritas dalam pelaksanaan Ujian Nasional," tutur wanita bergelar magister pendidikan ini.

Ia menjelaskan pernah Malang menggeser kota-kota lain di Indonesia. "Waktu itu pernah Semarang sama mana dan ketiga Jawa Timur. Tapi setelah dilihat lagi kejujuran dan integritas itu ya Kota Malang. Jadi prestasi UN SMP kita yang tertinggi ini sungguh prestasi yang membanggakan," sambung dia.

Lebih lanjut, guna mempertahankan prestasi demi prestasi pendidikan Kota Malang Ida akan melakukan berbagai langkah.

"Ya tentu akan terus kita perbaiki. Mulai dari pelaksanaan UN itu sendiri sampai meningkatkan seperti Adiwiyata hingga pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)," tukas Ida. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : A Yahya
Publisher : Alfin Fauzan

Top