Social Media

Share this page on:

Inilah Siswa Peraih 10 Besar Nilai UN Tertinggi, Setengahnya dari SMPN 1 Singosari

25-05-2018 - 18:38
Ilustrasi UN SMP (Ist)
Ilustrasi UN SMP (Ist)

MALANGTIMES - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Singosari selain menduduki urutan pertama nilai Ujian Nasional (UN) tingkat Kabupaten Malang, ternyata juga mengantarkan siswanya sebagai yang terbanyak berprestasi. 

Dari sepuluh besar siswa dengan nilai UN tertinggi, limanya berasal dari SMPN 1 Singosari. Sedangkan setengah lainnya dari berbagai sekolah lainnya. 

iklan

"Tahun ini memang terbanyak dari SMPN 1 Singosari. Bahkan untuk raihan nilai 100 juga disabet oleh sekolah ini dengan jumlah 9 siswa," kata M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Malang, Jumat (25/5/2018). 

Untuk 10 besar,  di ranking pertama ada Rissa Erviana dari SMPN 1 Singosari dengan jumlah nilai rata-rata dari empat mata pelajaran adalah 385. Untuk urutan ke enam (Dhiva Ahsana Zahra),  sembilan (Lailiya Elita B) dan ranking sepuluh diraih oleh dua siswa SMPN 1 Singosari (Moch Ersyah dan Sonia Kanza) dengan  nilai sama yaitu 374.

Lima siswa 10 besar lainnya berasal dari  SMP Katolik Budi Mulia Lawang yaitu Aurelia Bunanta di rangking ke dua (383). Peringkat ke tiga ada siswa SMPN 4 Kepanjen bernama Intan Safina serta satu siswa dari sekolah yang sama di peringkat tujuh bernama Renata Sayidatul. 

SMP Ar-Rohmah Boarding School di peringkat ke empat diwakili oleh Muhammad Nur Aslam,  sedangkan ke lima disabet oleh Refi Ema dari SMPN 1 Wajak dan Dhifa Ahsana di urutan keenam dari SMPN 1 Singosari. Dari SMP Ar-Rohmah Puri Dau, Almirah Nurjanna di peringkat ke delapan. 

"Jadi setengahnya yaitu lima siswa dari 10 siswa dengan nilai UN tertinggi berasal dari SMPN 1 Singosari," ujar Dayat sapaan Kadisdik Kabupaten Malang. 

10 rangking besar tersebut,  lanjut Dayat, nilai 100 terbanyak disabet dalam mata pelajaran matematika. Padahal mata pelajaran Matematika menjadi penyebab utama turunnya nilai UN secara nasional. 

"Ini menjadi bukti bahwa matematika di sini bukan sebuah momok bagi siswa. Nilai 100 dari 13 Sekolah mencapai 31 siswa. Di banding mata pelajaran lain sangat jauh sekali jumlahnya," ujar Dayat kepada MalangTIMES. 


Pewarta : Nana
Editor : A Yahya
Publisher : Alfin Fauzan

Top