Social Media

Share this page on:

Perisai Bumi Bernama Sabuk Van Allen Dari Besi

29-05-2018 - 07:36
Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

*dd nana

Ingat enggak dengan perisai tak kasat mata yang melindungi negara kelahirannya super hero-nya Marvel Black Panther,  Wakanda.

iklan

Perisai berbentuk kubah yang setiap saat siap melindungi negara yang menutup dirinya dari serangan dunia luar. 

Usut punya usut, perisai di Wakanda itu ternyata "mirip" atau meniru perisai yang lebih besar dan benar-benar ada di bumi kita yang dinamakan sabuk van allen.

Ini sabuk tentunya bukan sabuk biasa. Kekuatan hebat dari sabuk yang membungkus bumi dan berbentuk medan elektromagnetik berenergi tinggi ini tentunya beribu-ribu atau miliar kekuatannya dibanding perisainya Wakanda. 

Bayangkan saja,  dikarenakan sabuk van allen inilah bumi beserta isinya masih bertahan sampai saat ini. Baik dari ledakan dahsyat energi matahari yang terjadi setiap 11 tahun sekali yang disebut solar flares.

Solar flares ini kalau dibandingkan dengan bom atom Hirosima didapat hitungan 100 juta bom atom.

Bayangkan,  ngeri kagak tuh si solar flares ini,  kalau bumi tidak disabuki oleh Tuhan. 

"Ini belum dari serangan badai kosmis yang juga sangat membahayakan. Bisa lo bayangkan Kib,  betapa kuatnya sabuk van allen tersebut. Maha Besar Allah dengan segala karunianya kepada kita, " ucap Gus Mas di suatu sore sambil matanya memandang ke arah  langit. 

"Lantas dari apa emang Gus dibuatnya sabuk itu?" tanya Sokib bengong bahwa di atas langit nun jauh disana ada sebuah sabuk pelindung bumi.

Gus Mas menatap Sokib dan menjawabnya dengan membacakan sebuah ayat Al-quran. 

" Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka al-Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan/turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (supaya mereka mempergunakan besi itu), dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Maha Perkasa."  (al-Hadid 57:25). 

Sabuk dengan kekuatan hebat yang tidak dimiliki oleh planet-planet lain, kecuali planet Merkurius dengan radiasi yang lebih lemah,  terbuat dari besi. 

"Besi? Maksudnya besi yang kita kenal seperti sekarang ini Gus?, " cecar Sokib tambah kebingungan. 

Gus Mas mengangguk dan melanjutkan penjelasannya. Sabuk ini terbentuk dari inti bumi yang besar yang terdiri dari BESI dan nikel.

Keduanya membentuk medan magnet yang besar dan membentuk perisai yang berada ribuan kilometer di atas bumi. 

"Hal ini semakin membenarkan ayat surat al-Hadid di atas. Kami ciptakan/turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia," ujar Gus Mas. 

Besi ini menjadi menarik bukan karena kekuatan hebat yang dikandungnya saja. Tapi juga menjadi salah satu surat dalam Al-quran. Kata "besi" dalam al-Qur'an disebut 9 kali dalam 6 ayat yang berbeda. 

"Iya ya kok enggak surat Emas yang lebih berharga dan mulia bagi manusia. Kok malah Besi? " ucap Sokib yang juga menyatakan,  dirinya pernah membaca juga mengenai kisah pintu besi yang dibangun Dzulkarnain.

"Kalau tidak salah dalam Surat al-Kahfi (18:96). Seingat saya juga pintu besi tersebut akan hancur ketika kiamat telah dekat. Betul ya Gus? " ujar Sokib yang dibalas dengan senyum dan anggukan kepala Gus Mas. 

Ayat tersebut juga,  lanjut Gus Mas, sebagai jawaban dari adanya berbagai keraguan mengenai asal usul besi.

Ada sebagian yang menyatakan besi diproduksi di bumi dan pendapat ini bertahan cukup lama juga.

Padahal al-quran telah menyampaikan bahwa besi diciptakan dan diturunkan dari langit.

Besi termasuk logam berat yang tidak dapat dihasilkan oleh bumi sendiri. Energi sistem tata surya kita tidak cukup untuk memproduksi elemen besi. 

"Perkiraan paling baik, energi yang dibutuhkan adalah empat kali energi sistem matahari kita, " ucap Gus Mas. 

Dengan  demikian besi hanya dapat dihasilkan oleh suatu bintang yang jauh lebih besar daripada matahari, dengan suhu ratusan juta derajat Celsius.

Kemudian meledak dahsyat sebagai nova atau supernova, dan hasilnya menyebar di angkasa sebagai meteorit yang mengandung besi. Melayang di angkasa sampai tertarik oleh gravitasi bum. Di awal terbentuknya bumi miliaran tahun yang lalu.

Hal ini dibenarkan Peter Van Krogt ahli elementimologi, yang menyatakan besi telah lama digunakan sejak zaman prasejarah. 

Tujuh generasi sejak Adam AS. Besi diberi simbol Fe, atau ferrum, yang berarti "elemen suci" dari kata Iren (Anglo-Saxon) ketika pemerintahan Romawi, di bawah kaisar Roma yang bernama Marcus Aurelius dan Commodus. 

Bukti kebenaran alquran mengenai besi ini juga dibenarkan oleh Profesor Armstrong dari NASA atau Mohamed Asadi yang berpandangan bahwa memang besi diturunkan dari langit. 

"Maha benar Allah dan kitab suci alquran yang  diturunkan-Nya," ucap Gus Mas dan Sokib bersamaan bedug maghrib yang ditabuh dari  surau. 

*Penikmat kopi lokal gratisan 



TAG'S

BERITA TERKAIT

BACA JUGA

Top