Social Media

Share this page on:

Catat, Hari Libur Pelayanan Dukcapil Tetap Buka

01-06-2018 - 14:23
Dispendukcapil Kabupaten Malang tetap membuka pelayanan dukcapil di hari libur panjang lebaran seperti yang disampaikan Kadispendukcapil Sri Meicharini (foto: Nana/ MalangTIMES)
Dispendukcapil Kabupaten Malang tetap membuka pelayanan dukcapil di hari libur panjang lebaran seperti yang disampaikan Kadispendukcapil Sri Meicharini (foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Komitmen pelayanan kepada masyarakat dalam urusan kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) terus dijaga di Kabupaten Malang. Terutama menjelang hari libur lebaran yang terbilang panjang di tahun ini. 

Seperti diketahui, libur lebaran bagi aparat sipil negara (ASN) dimulai dari tanggal 11-19 Juni 2018 sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri. Hampir sepekan lebih para ASN mendapatkan haknya untuk cuti dan libur lebaran. 

iklan

Tapi,  tidak dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang,  yang petugasnya tetap bekerja melayani masyarakat dalam persoalan dukcapil. 

"Kita tidak ikut libur, pelayanan tetap buka. Hari libur dari pukul delapan sampai satu siang. Sedangkan untuk hari normal sampai pukul empat sore. Pun menghadapi liburan panjang,  kita tetap buka," kata Sri Meicharini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Jumat (1/5/2018) saat dihubungi MalangTIMES. 

Rini, biasanya Kadispendukcapil Kabupaten Malang disapa, melanjutkan bahwa untuk libur panjang lebaran yang hampir sepekan lebih, pihaknya tetap membuka layanan. Tapi,  tidak semua petugas masuk seperti hari normal biasanya. 

Sistem shift dan penugasan petugas secara bergilir dilakukan untuk melayani masyarakat di rentang waktu libur panjang tersebut. 

"Tetap ada petugas kita yang melayani masyarakat nanti. Selain juga ada petugas yang akan siap membantu bila terjadi persoalan jaringan dari tingkat kecamatan," ujar Rini. 

Jadwal petugas Dispendukcapil Kabupaten Malang dalam melayani masyarakat dalam urusan dukcapil, telah jauh-jauh hari dirancang. Sehingga walau ada libur panjang bagi ASN,  tidak membuat dinas strategis  dalam masyarakat tersebut,  ikut tutup atau libur. 

"Ini kita masuk kerja semua sekarang. Baik yang  dikantor atau pun  yang akan menggelar kegiatan Jembol Anduk di Ngawonggo, Tajinan. Ini bentuk kami melayani masyarakat," pungkas Rini. 


Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top