Social Media

Share this page on:

Fashion Ramadan 1439 H

Buat Pashmina Instan Sendiri Yuk, Berikut Langkah-Langkahnya

04-06-2018 - 09:43
Para ibu di Kota Malang belajar menjahit pashmina yang dipadu pengajar mode di Arva School of Fashion (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Para ibu di Kota Malang belajar menjahit pashmina yang dipadu pengajar mode di Arva School of Fashion (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hijab menjadi fashion item yang harus ada kala lebaran. Tentu saja, muslimah berbondong- bondong buru model hijab terkini di store hijab. Model hijab pashmina jadi salah satu yang banyak diburu. 

Dengan bermodal kain sepanjang 200 kali 75 sentimeter, Anda bisa lho membuat sendiri pashmina di rumah.

iklan

Yuk, simak cara membuat pashmina instan ala Arva School of Fashion berikut ini. 

Pertama, siapkan alat dan bahan. Kain yang digunakan untuk membuat pashmina adalah jenis wollcrepe.

Menurut pengajar mode Kardina Sidni wollcrepe memiliki beberapa keunikan. Wanita asal Malang itu menjelaskan wollcrepe sangat nyaman dikenakan. 

"Ringan dan mudah dibentuk. Selain itu material kain jenis wollcrepe ini juga banyak dipakai sebagai bahan hijab pashmina. Tidak kusut juga," kata alumnus tata busana Universitas Negeri Malang itu pada MalangTIMES, Minggu (3/6/2018).

Alat dan bahan selanjutnya adalah benang, gunting, jarum pentul, jarum tangan, dan kapur jahit.

Kardina menjelaskan tahap untuk membuat pashmina instan manual alias tanpa mesin jahit cukup mudah.

"Potong kain lalu jahit tepi kain dengan teknik jahit kecil. Setelah itu, lipat satu sisi lain bagian kiri sepanjang 40 sentimeter. Dari lipatan tersebut, buat lubang muka selebar 26 sampai 28 sentimeter. Tandai titik batas lubang muka lalu jahit dari titik tanda hingga batas lipatan," jelas dia.

Selanjutnya, bagian sisi lainnya yakni sepanjang 60 sentimeter dilipat.

"Ukur dari ujung lipatan sepanjang 30 sentimeter untuk lubang kedua. Tandai titik batas lubang dan jahit sepanjang 20 sentimeter dari turun ke arah tepi kain," sambung Kardina.

Dia menjelaskan langkah berikutnya dalam membuat pashmina instan adalah finishing. Yakni menandai batas lipatan dengan kapur jahit.

"Buatlah lipit dengan jarak tiga sentimeter dengan jarum pentul. Jahit dengan menggunakan teknik rusuk sembunyi," papar dia.

Dan jadilah pashmina instan yang siap Anda pakai untuk momen lebaran.

Ladies, untuk teknik jahit mudah seperti ini dikenal dengan istilah Pashmina Instan Double Loops.

"Ini teknik yang sederhana. Siapapun bisa membuat dengan berbekal kain dan alat jahit saja karena semua pakai jahit tangan," pungkas Kardina.

Tertarik jahit menjahit sendiri pashmina Anda? (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan

Top