Social Media

Share this page on:

Festival Patrol Shining Ramadan Kembali Digelar, Angkat Kearifan Lokal Kota Batu

08-06-2018 - 15:05
foto istimewa
foto istimewa

MALANGTIMES -

Kali ke empat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batu bakal menggelar Open Patrol Bertajuk Shining Ramadhan Kota Batu, Sabtu (9/6/2018). Tahun ini KNPI Kota Batu mengangkat tema tentang kearifan lokal Kota Batu.

iklan

“Tema kearifan lokal yang kita ambil ini adalah dari segi kostum khas Kota Batu yang kita angkat di tahun ke empat ini,” ungkap Ketua Pelaksana Shining Ramadhan 2018, Dimas Bramantiya, Jumat (8/6/2018).

Bagi para peserta untuk mengikuti lomba ini tentunya harus mengikuti sesuai dengan temanya. Sehingga harus mengenal kostum khas Kota Batu.

Untuk peserta sendiri, berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini KNPI Kota Batu mengajak seluruh grup patrol Malang Raya untuk berkompetisi bersama. Sedikitnya ada 40 grup yang bakal meramaikan kegiatan ini.

“Beda dengan tahun sebelum-sebelumnya hanya lokal Kota Batu, sekarang lebih luas kita mengajak grup patrol seluruh Malang Raya. Dan dana untuk kegiatan ini murni dari KNPI Kota Batu,” imbuhnya saat ditemui di Kantor KNPI Kota Batu.

Nantinya para peserta melakukan patrol start di Balai Kota Among Tani. Kemudian panggung kehormatan berada di depan Rumah Dinas Wali Kota Batu di jalan Panglima Sudirman dan finish di depan SD Katolik Sang Timur.

 

“Acara ini juga akan dihadiri dan disaksikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko,” jelas warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu ini.

Menurutnya dengan kegiatan ini untuk melestarikan budaya patrol yang ada sejak lama. Juga untuk memikat wisatawan yang datang dan singgah di Kota Wisata ini. “Dengan adanya festival patrol ini ke depan patrol menjadi destinasi wisata di Kota Batu,” harap Bram. 

Sementara itu acara ini juga akan ada penampilan dari komunitas Shining Tuli Kota Batu. Menariknya, mereka bakal menampilkan paduan suara. 

Sebelumnya sore hari terlebih dahulu KNPI Kota Batu melakukan bagi-bagi takjil sejumlah 3000 takjil di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu. Dan dihibur juga dengan adanya band-band lokal Kota Batu. 


Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Alfin Fauzan

Top