Social Media

Share this page on:

Atasi Ketersediaan Bunga, Pemkot Batu Bakal Bangun Bank Bunga

14-06-2018 - 10:45
Salah satu taman dengan beragam bunga di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu taman dengan beragam bunga di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Untuk menjamin ketersedian bunga di setiap sudut taman di Kota Batu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mendirikan Bank Bunga. 

Hadirnya program Bank Bunga ini untuk menjamin ketersediaan bunga di Kota Batu, sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan tanaman langka.

iklan

“Kota Batu sudah lama juga dikenal akan beragam jenis bunga yang dijual. Agar terjamin ketersediaan tanaman bunga ini kami bakal kembangkan bank bunga,” ungkap Arief As Siddiq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu.

Ia menjelaskan jika Bank Bunga akan dibangun berada di atas puluhan hektar lahan milik Pemkot Batu. Lahan ini bakal dibangun di tiga lokasi.

Tiga lokasi itu yakni Kelurahan Sisir, Kelurahan Songgokerto dan Desa Tulungrejo. Tentunya nantinya yang akan mengelola ribuan bungan itu adalah DLH.

 Bank bunga ini bertujuan menjaga ketersedian bunga-bunga di taman Kota Batu. Mulai taman yang letaknya di jalan protokol, kawasan permukiman penduduk hingga sekolah-sekolah.

“Kota Batu kan juga dikenal dengan Kota Batu bunga, sehingga kita harus menampilkan bunga-bunga yang indah di sudut-sudut taman,” imbunnya. 

Bank Bunga juga dihadirkan untuk pengelolaan bunga. Salah satunya pembibitan yang akan memanfaatkan sejumlah area di Kota Batu.

“Tapi Bank Bunga ini memiliki fungsi utama sebagai persediaan bunga untuk menjaga kelestarian taman-taman di Kota Batu,” jelas Arief.

Ia menyontohkan saat di taman terdapat kerusakan pada bunga tersebut, sehingga petugas bisa langsung mengganti tanpa harus mencari.

“Jadi DLH tidak perlu bingung karena ketersediaan bunga sudah memiliki stok di Bank Bunga,” ujar warga Kelurahan Sisir. 

Sama halnya saat sekolah di Kota Batu juga membutuhkan bunga untuk menghias taman di sudut-sudut sekolah, Bank Bunga ini akan membantu.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (Jatim TIMES Network)

Top