Social Media

Share this page on:

Empat Kloter Calon Jamaah Haji Kota Malang Siap Diberangkatkan

23-06-2018 - 18:41
Kegiatan pembinaan calon jamaah haji asal Kota Malang yang akan segera diberangkatkan pada Juli mendatang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Kegiatan pembinaan calon jamaah haji asal Kota Malang yang akan segera diberangkatkan pada Juli mendatang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak 1.357 calon jamaah haji (CJH) asal Kota Malang siap diberangkatkan ke Tanah Suci. Sebulan sebelum pemberangkatan, hari ini (23/0/2018) Kementrian Agama (Kemenag) Kota Malang memulai rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun 2018 atau 1439 H.

Kemenag menyelenggarakan bimbingan manasik  Calon Jamaah Haji yang bertempat di Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang terhadap jamaah yang terbagi dalam empat kloter itu.

iklan

Terdata, sebanyak 1.357 orang CJH itu terdiri dari 611 jamaah laki-laki dan 746 jamaah perempuan. Jamaah asal Kota Malang yang terbagi dalam empat kloter yakni kloter 24, 25, 26 dan kloter khusus 19  karena bergabung dengan CJH Pasuruan. Jumlah peserta kloter 19 tersebut hanya sebanyak 19 jamaah dari Kota Malang, sisanya dari Pasuruan.

"Bimbingan ini merupakan yang pertama dalam rangkaian manasik bagi calon jamaah haji. Karena masih ada enam pertemuan lagi di tingkat kecamatan," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Malang Amsiono Azis.

Rinciannya, lanjut Aziz, ada pembinaan manasik tingkat kota sebanyak dua kali pertemuan. Yakni penjelasan dan sosialisasi awal dilanjutkan dengan praktik manasik pada 30 Juni mendatang. Sementara untuk memaksimalkan pembinaaan, jamaah di tiap kecamataan akan diberi tambahan materi sebanyak empat kali pertemuan. 

Perubahan dilakukan Kemenag Kota Malang untuk menarik minat CJH dalam mengikuti rangkaian manasik. Yakni dengan melaksanakan  bimbingan manasik di hotel yang ada di Kota malang. "Kami belajar dari pengalaman dari tahun yang lalu, kalo manasik di aula yang datang itu sedikit. Nah tahun ini kami adakan di hotel, alhamdulillah berhasil karena calon jamaah antusias," terang Aziz.

Berdasarkan jadwal yang didapat, menurut Aziz kloter 19 rencananya akan berangkat 22 Juli. Sementara untuk kloter 24, 25 dan 26 akan berangkat pada 24 Juli. "Setiap kloter didampingi oleh lima orang petugas, termasuk dua orang paramedis. Sementara setiap klotet terbagi menjadi sepuluh rombongan dan 40 regu," urainya.

Untuk Kota Malang, di tahun ini CJH laki-laki tertua atas nama Abdul Qodir yang berusia 83 tahun. Sedangkan jamaah tertua perempuan yakni Daiyah yang berusia 88 tahun. Untuk CJH termuda, yakni Harun Ulum Fajar yang berusia 18 tahun dan Iffaturrosidah yang berusia 19 tahun.


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : sandi permana soebagio

Top