Social Media

Share this page on:

Rekapitulasi Penghitungan Suara Tuntas, Gus Ipul Menang di Kota Batu

04-07-2018 - 20:13
Komisioner KPU Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Erfanudin saat menandatangani hasil rekapitulasi di Kantor KPU Kota Batu, Rabu (4/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Komisioner KPU Batu Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Erfanudin saat menandatangani hasil rekapitulasi di Kantor KPU Kota Batu, Rabu (4/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Tuntas sudah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu gelar rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Batu dalam Pemilihan  Gubernur di Kantor KPU Kota Batu, Rabu (4/7/2018). Hasil dari rekapitulasi berjenjang ini, pasangan calon (paslon) Gubernur Jatim nomor urut 2 Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekarno unggul di Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu Rochani menjelaskan dalam proses rekapitulasi untuk sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) ada beberapa hal yang terkoreksi dari hasil situng dan rekapitulasi berjenjang. Tetapi koreksi ini tidak terjadi pada perolehan suara untuk paslon. 

iklan

Koreksi terjadi pada data pemilih dan penggunaan data pemilih. Koreksi ini terjadi di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) akibat salah penjumlahan dan penempatan. “Tetapi sudah disinkronkan. Tapi dari perolahan hasil surat suara sah untuk paslon tidak ada perbedaan antara aplikasi situng yang kami publish dengan hasil rekap secara berjenjang,” kata Rochani.

“Misalnya tertulis 22 menjadi empat, petugasnya nulisnya menjadi 5. Salah penjumlahan tapi prosedurnya sudah dikoreksi di tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK),” tambahnya usai melakukan rekapitulasi.

Setelah rekapitulasi ini selesai kewajiban KPU Kota Batu melakukan upload rekap di situng. Kemudian mengumumkan melalui laman KPU Kota Batu yang bisa diakses publik. “Dan wajib menyampaikan dalam kotak tersegel ke KPU Provinsi Jatim yang akan kami lakukan hari ini juga,” jelas warga Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu ini.

Ia menambahkan jika saksi memberikan apresiasi penyelenggaraan di Kota Batu. Tetapi saksi memiliki harapan besar agar memiliki komitmen di pemilihan selajutnya. “Panwas juga memberikan masukan untuk lebih meyempurnakan pelayanan terhadap pemilih dan peserta pemilu terutama jelang agenda pemilu 2019 mendatang,” tambahnya.

Rincian rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Batu yakni Gus Ipul-Puti mendapatkan 50,77 persen atau 54.928 suara. Sedangkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto mendapatkan 49,23 persen atau 53.269 perolehan suara. Selisih suara 1,54 atau 1.659.

Sementara di masing-masing kecamatan perolehan pasangan nomor 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto yakni Kecamatan Batu 24.162 suara, Kecamatan Bumiaji 16.612 suara dan Kecamatan Junrejo 12.495 suara.

Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti di Kecamatan Batu mengantongi 23.711 suara, Kecamatan Bumiaji menerima 17.451 suara dan Kecamatan Junrejo ada 13.766 suara.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top