Social Media

Share this page on:

Si Buah Jari Budha Yang Penuh Khasiat

06-07-2018 - 20:11
Buah jari Budha yang dikembangkan di di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Buah jari Budha yang dikembangkan di di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES -  Di Kota Batu ada buah yang cukup unik bentuknya. Namanya adalah jari Budha, yang dibudidayakan di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Bentuk buah ini lonjong layaknya buah pepaya. Dengan ujung buah menyerupai tangan. Bau yang dikeluarkan oleh buah ini pun harum.

Tetapi rasanya dari buah ini cukup masam. Rupanya buah yang mulai dibudidayakan ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Buah ini memiliki khasiat untuk penyakit maag, cacingan, masuk angin, mengatasi diare, peradangan. Hingga penuaan diri, untuk daya tahan tubuh, anti oksidan alami, meningkatkan sistem pencernaan, dan meningkatkan pencernaan. "Buah ini layaknya seperti obat-obatnya tradisional karena mengandung tonik," ungkap Luki Budiarti, Ketua Gabungan Kelompok Tani Mitra Arjuno. 

iklan

Tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, ternyata aroma yang harum ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan parfum dan pengharum ruangan. "Tanaman ini berasal dari China dan India. Buah ini sebagai simbol kebahagiaan, karena itu di sana sering digunakan untuk tahun baru," katanya, Jumat, (6/7/2018).

Selain itu buah ini dikatakan buah religius, sehingga digunakan juga untuk indah atau memanjatkan doa. Meski demikian, Luki belum membudidayakan dengan sekala besar.

Tetapi karena memiliki banyak manfaat, sehingga nantinya akan dikembangkan dengan skala besar. Terlebih harga untuk satu buah ini cukup mahal yakni Rp 50 ribu per buah atau Rp 100 ribu per bibitnya. "Selama ini memang belum kami manfaatkan. Tetapi melihat potensi yang cukup bagus, nantinya akan kami kembangkan," tutupnya.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top