Social Media

Share this page on:

Ternyata Ini Teknik Poles Wajah dengan Foundation

07-07-2018 - 09:32
Beauty vlogger Alifah Ratu mempraktikkan teknik mengaplikasikan produk foundation (foto: YouTube)
Beauty vlogger Alifah Ratu mempraktikkan teknik mengaplikasikan produk foundation (foto: YouTube)

MALANGTIMES - Merias wajah nyatanya perlu keahlian khusus. Skill make up termasuk pengaplikasian perlengkapan dasar make up. Foundation merupakan salah satu perlengkapan dasar make up. Fungsinya menyamarkan atau menutupi bagian wajah seperti jerawat, kulit yang kurang halus, atau warna kulit yang tidak rata.

Setidaknya ada sepuluh jenis foundation berdasarkan tekstur dan jenis kulit. Foundation juga mengenal istilah coverage yang berarti daya tutup yang diberikan produk. Ada tiga jenis coverage yakni sheer coverage, medium coverage, dan full coverage. Istilah sheer coverage ialah tampilan ringan mirip seperti kulit asli. Medium coverage mampu menyamarkan noda di wajah dan memiliki tekstur yang sedikit lebih kental. Sementara full coverage bisa menutupi kekurangan seperti jerawat. 

iklan

Aplikasi foundation dalam tingkatan di atas ternyata memerlukan teknik khusus. Beauty vlogger Alifah Ratu Saelynda menjelaskan cukup rinci teknik mengaplikasikan foundation di berbagai tingkatan tersebut. Pertama, untuk foundation tingkat light coverage Alifah menggunakan tangan sehingga menghasilkan tampilan natural di wajah.

https://youtu.be/o4gMcEaRbzA

Tingkatan foundation juga ada yang berada di antara. Light to medium coverage adalah tingkatan foundation ringan ke tingkatan sedang. Untuk mengaplikasikan foundation jenis ini gunakan brush atau kuas berbentuk pipih dan lebar. Usapkan brush secara tipis hingga foundation merata ke seluruh wajah. 

Selanjutnya adalah medium coverage. Pada tingkatan ini, Alifah menjelaskan perlu spons kosmetik. Spons yang dimaksud dikenal dengan istilah blending spons atau beauty blender. Alifah memberi air dalam jumlah sedikit pada spons. Setelah itu, ia mengusap spons agar foundation merata ke seluruh wajah. Gunakan permukaan spons yang lebar untuk meratakan foundation.

Pada tingkatan medium to high coverage, Alifah menggunakan kuas berbentuk oval. Istilahnya adalah oval brush. Bentuknya kecil namun tebal. Ia juga menggunakan sponge berbahan silikon. Kelebihan aplikator sponge silikon ialah foundation akan merata ke seluruh wajah tanpa terserap ke sponge tersebut. 

Kemudian, untuk tingkatan foundation high coverage Alifah memakai kuas padat. Untuk kuas berbentuk bulat ini ia mengaplikasikan secara perlahan. "Jangan disapukan ke seluruh wajah tapi di tap-tap supaya hasilnya bagus dan natural di wajah," kata dia.

Video teknik aplikasikan foundation milik Alifah Ratu Saelynda telah ditonton hingga 800.000 pasang mata di YouTube. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : A Yahya
Publisher : sandi permana soebagio

Top