Social Media

Share this page on:

Temuan Lempengan Bergambar Soekarno, Ditawar Hingga Jutaan Rupiah

07-07-2018 - 16:04
Lempengan bergambar Soekarno yang ditemukan warga Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Lempengan bergambar Soekarno yang ditemukan warga Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

MALANGTIMES - Lempengan berwarna keemasan bergambar Soekarno, yang ditemukan Moch Kolidi (52), seorang kepala desa di Desa Kesamben, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, sempat ditawar hingga jutaan rupiah.

Dari pengakuan Kolidi, 13 lempengan bergambar Soekarno yang ditemukannya pada 2014 lalu itu, sempat ditawar seseorang ketika dirinya berada di Kota Mojokerto untuk mengecek kadar emas dari lempengan bergambar Soekarno tersebut. "Saya bawa ke Jl Mojopahit, Mojokerto, saya tes ke tukang emas di pinggir jalan itu. Ya ada yang menawar, teman saya," ujarnya saat diwawancarai JombangTIMES, Sabtu (7/7).

iklan

Meski dari hasil tes, hanya ditemukan sedikit kadar emasnya, Kolidi mengaku bahwa untuk satu lempengan bergambar Soekarno itu, ditawar hingga mencapai Rp 3 juta. "Katanya kadar emasnya masih muda. Artinya sampai ke level emas itu kan 100, lah ini masih kisaran 20. Awalnya itu ditawar Rp 1,5 juta perbatang. Terus jarak satu bulan nemui lagi, ditawar Rp 3 juta," beber Kolidi.

Dari tawaran jutaan rupiah tersebut, lantas tidak membuat Kolidi tergiur untuk menjualnya. Hal tersebut diungkapkan Kolidi, bahwa sebelumnya ia teringat oleh pesan orang tuanya yang melarang untuk menjual belikan barang yang berasal atau ditemukan di sekitar makam kuno, tempat ditemukannya 13 lempengan emas bergambar Soekarno itu.

"Saya itu ingat pesan orang tua saya untuk tidak merusak apapun dari situs ini (makam kuno tempat ditemukannya lempengan bergambar Soekarno, red). Lagian ini untuk saya sendiri," ungkapnya.

Sementara, Kolidi mengatakan bahwa 13 lempeng bergambar Soekarno itu, akan tetap disimpannya dan akan dilakukan perawatan. "Yang jelas untuk lempengan ini, saya simpan, saya jaga dan saya rawat," pungkasnya.

Seperti diketahui pada berita sebelumnya, Moch Kolidi (52), seorang Kepala Desa di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang telah menemukan 13 lempengan berwarna emas bergambar Soekarno dengan panjang 8 sentimeter dan lebar 4 sentimeter. Barang yang ditemukannya tersebut, didapat ketika ia sedang duduk di depan teras rumahnya yang berhadapan dengan makam kuno di malam hari, pada 2014 silam.(*)

 


Pewarta : Adi Rosul
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top