Social Media

Share this page on:

Jelang Tahun Ajaran Baru, Warga Berburu Seragam Sekolah di Toko Legendaris Malang

07-07-2018 - 18:51
Salah seorang pembeli tengah melihat seragam sekolah di Toko Papinja. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Salah seorang pembeli tengah melihat seragam sekolah di Toko Papinja. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun ajaran baru segera dimulai pertengahan Juli 2018 ini. Para orang tua pun sibuk menyiapkan perlengkapan sekolah bagi putra-putri mereka. Salah satunya, seragam sekolah. 

Salah satu toko seragam yang menjadi jujukan para orangtua yakni Toko Papinja di kawasan Pasar Besar Kota Malang.

iklan

Berdiri sejak 1953 silam, toko seragam yang telah berusia 65 tahun itu tampak ramai diserbu pembeli.

Liana Ningrum, misalnya, yang datang mencarikan seragam sekolah bagi Alfaro. Putra kedua Liana itu rencananya bakal masuk kelas 1 sekolah dasar (SD) pada awal tahun ajaran 2018-2019 pertengahan Juli mendatang.

"Memang sengaja datang ke sini, karena dulu waktu saya sekolah beli seragamnya di sini juga," terang warga Jodipan Wetan itu.

Menurut Liana, dia hanya mencari sepasang seragam merah-putih dan cokelat atau seragam pramuka.

"Kalau seragam yang lain seperti batik dan seragam olahraga sudah dapat dari sekolahnya," terang ibu tiga anak itu.

Liana juga mengaku lebih memilih untuk membeli langsung seragam jadi dibandingkan harus menjahitkan baju ke penjahit.

"Kalau menjahitkan itu kan harus cari bahan dulu, belum proses menjahitnya biasanya antre. Takut nggak keburu masuk sekolah," tuturnya.

Pemilik Toko Papinja, Paulus mengaku jelang tahun ajaran baru selalu terjadi peningkatan signifikan pembelian seragam sekolah.

"Mulai kemarin naik banyak pembelian, sampai 50 persen dibanding hari normal. Kan kemarin sudah mulai ada pengumuman-pengumuman penerimaan," ujar Paulus.

Yang paling banyak dicari, lanjutnya, adalah seragam untuk anak SD.

"Seragam merah-putih dan pramuka yang paling banyak. Karena kalau seragam SMP biasanya sudah ada dari sekolah," urainya.

Di toko tersebut, harga yang dibanderol cukup terjangkau. Untuk kemeja seragam berkualitas baik dihargai mulai Rp 55 ribu per potong.

Di balik meningkatnya penjualan seragam, Paulus mengungkapkan kisah sedih toko-toko seragam di Kota Malang.

"Dulu di sekitar sini banyak toko-toko seragam lain, tetapi mereka pada gulung tikar. Karena adanya kebijakan seragam yang berubah-ubah setiap tahun," terangnya.

Yang paling mencolok, lanjut Paulus, adalah sekitar dua tahun lalu ketika ada perubahan seragam untuk siswa SD dan SMP yang semula menggunakan celana/rok pendek menjadi panjang.

"Stok seragam ini kan barang yang lama baru keluar, jaadi ada yang sudah terbeli tiba-tba aturan berubah jadi nggak laku," paparnya.

Kebijakan lain, lanjut Paulus, yakni sekolah-sekolah yang meminta wali murid membeli seragam di koperasi siswa.

"Kadang agar nggak sama dengan yang di pasar, seragam pramuka diberi ciri khusus. Misalnya sekolah A pakai garis-garis di lengan, atau yang lain," sebutnya. 

Paulus menyebut, tren kenaikan pembelian seragam ini masih bakal meningkat hingga H-1 masuk sekolah. Apalagi saat ini sebagian warga yang berlibur di rumah keluarga di luar kota sudah kembali ke Malang.

"Nanti baru setelah masuk sekolah mulai turun pembelian, kecuali yang butuh-butuh tambahan seragam ke sini," pungkasnya. 


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top