Social Media

Share this page on:

Lembaga Penjamin Simpanan Minta Masyarakat Tak Ragu Transaksi dengan BPR

08-07-2018 - 18:40
ilustrasi Finansialku.com
ilustrasi Finansialku.com

MALANGTIMES - Direktur Eksekutif Riset Surveilans dan Pemeriksaan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Didik Madiyono meminta masyarakat tak ragu untuk bertransaksi dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Karena simpanan nasabah BPR mendapat jaminan dari LPS layaknya perbankan pada umumnya. Artinya, masyarakat tidak harus takut dananya akan hilang saat BPR mengalami kebangkrutan. Begitu juga saat akan melakukan pinjaman, karena LPS terbuka dengan penerapan bunga.

iklan

"Selama ini kan masyarakat tahunya yang dijamin adalah bank umum, padahal BPR juga mendapat jaminan dari LPS," katanya pada wartawan saat berkunjung ke Kota Malang, Minggu (8/7/2018).

Menurut Didik, pergerakan suku bunga terus dipantau oleh LPS. Tingkat bunga penjaminan LPS untuk bank umum periode Juli 2018 sebesar enam persen. Sedangkan BPR suku bunganya adalah 8,5 persen untuk simpanan rupiah dan 1,25 persen untuk valuta asing (valas).

"Dan penyesuaian kami lakukan setiap empat bulan sekali. Tapi ketika ada kebutuhan kami selalu sesuaikan," paparnya.

Dia juga mendorong agar BPR terus berinovasi dengan perkembangan digitalisasi. Salah satunya mempermudah transaksi melalui smartphone untuk mempermudah nasabah saat bertransaksi.

"Karena ini sudah tuntutan zaman, dan globalisasi menuntut untuk berinovasi," pungkasnya.


Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top