Social Media

Share this page on:

PDIP Kota Malang Ingin Kembali Kuasai Gedung Dewan

09-07-2018 - 08:25
Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari saat menemui awak media di Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari saat menemui awak media di Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kekalahan dalam laga perebutan pimpinan eksekutif tampaknya tak membuat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) patah arang. Partai berlambang banteng moncong putih itu berniat kembali menguasai gedung dewan. DPC PDIP Kota Malang ditarget kembali memenangkan gelaran Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. 

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari mengungkapkan bahwa pihaknya optimistis tetap akan mendapatkan suara dari masyarakat. "Untuk Pileg 2019 Kota Malang, target kami mempertahankan posisi. Minimal 11 kursi, maksimal 15 kursi," ujarnya saat ditemui di kantor DPC PDIP Kota Malang di Jalan Panji Suroso.

iklan

Ada beberapa faktor yang menurut Untari masih akan menguntungkan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu. "Ada sistem penghitungan (suara) baru. Itu akan cukup menguntungkan PDIP," ujarnya.

Pada Pileg 2019, rencananya akan diterapkan sistem sainte lague sebagai metode koversi penghitungan hasil suara untuk jumlah kursi dewan. Pembagiannya menggunakan dasar hitung tertentu, bukan lagi perbandingan satu kursi untuk jumlah suara tertentu. "Selain itu, PDIP punya modal sosial yang tinggi untuk memberikan pengaruh dan meminta dukungan pada masyarakat Kota Malang," urainya.

Untari pun mengklaim bahwa partai nasionalis masih memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Terlebih, Kota Malang cenderung heterogen dan tidak condong pada basis keagamaan tertentu. "Kami punya basis permanen tidak kurang dari 15 persen yang nasionalis dan punya jiwa seperti PDIP. Mereka akan menjadi penggalangan suara untuk mendulang suara partai menjadi kuat kembali," terangnya.

Cara lain yang tengah digodok PDIP adalah menyaring secara ketat bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan dipajang di surat suara. Pasalnya, menurut Untari, banyak kader yang ingin berlaga. Bahkan untuk kapasitas bacaleg 45 orang, sudah ada 68 orang yang mendaftarkan diri. "Kami scoring secara mendetail untuk mendapatkan bacaleg yang memang unggul. PDIP tentu ingin menampilkan wajah partai yang diinginkan masyarakat. Harapan-harapan rakyat akan kami baca dan terjemahkan dalam caleg-caleg itu," pungkasnya. (*)


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Top