Social Media

Share this page on:

Ada Buku Sampul Kayu? Intip Dapur Produksinya di Malang

10-07-2018 - 10:14
Buku cover kayu mahoni buatan Farikh Assafri (foto: for MalangTIMES)
Buku cover kayu mahoni buatan Farikh Assafri (foto: for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kreativitas bisa datang dari apa saja. Kadangkala ide justru hadir kala bosan.

Seperti yang terjadi pada Farikh Assafri. Bosan mengerjakan tugas akhir skripsi, Farikh coba-coba membuat kreasi kerajinan tangan buku dari kayu. "Saya ingin mencari kegiatan lain disela-sela studi. Waktu itu, kepikiran membuat buku yang covernya dari kayu. Akhirnya saya matangkan ide itu dengan melakukan riset selama empat bulan," kata alumnus Universitas Brawijaya (UB) itu.

iklan

Maret 2017, dia memulai usaha kerajinan tangan tersebut. Cover buku dari kayu besutan Farikh menggunakan material kayu mahoni. Kualitas kayu pohon ini baik untuk mebel, furniture, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Kayu mahoni punya kualitas di bawah kayu jati sehingga dijuluki primadona kedua setelah jati. 

"Buku kayu ini merupakan buku yang cover atau sampulnya berbahan kayu mahoni. Nah, untuk covernya bisa request mau diukir dengan gambar atau tulisan apa. Untuk isi dalam buku ya kertas disini ada dua jenis kertas," terangnya. Farikh menggunakan kertas jenis HVS, yakni hourVrij schrijfpapier dalam bahasa Belanda, atau kertas bebas serat kayu. 


Buku dengan sampul dari kayu karya Farikh Assafri dengan label Bukayu (foto: for MalangTIMES)

Pembeli buku dengan sampul kayu karya Farikh banyak berasal dari luar pulau. Ia menyebut pelanggan datang dari Medan, Palembang, Balikpapan, Pontianak, dan Pulau Bali. "Kalau untuk sampul kayu yang ramai adalah sketsa wajah dan ucapan selamat karena mereka banyak pesan ke saya untuk acara seperti wisuda," kata pria berusia 26 tahun ini.

Produk buku kayu dia buat di Jalan Anjasmoro Gang Pengadilan 2 Nomor 3 Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. "Kalau produksi kayunya kita di Lawang tapi kalau corak yang diinginkan dalam cover kayu mahoni saya bawa ke suatu tempat di Malang," kata dia.

Farikh membuat buku kayu seri notebook. Untuk seri ini, ukuran kertas adalah A6 (105 x 148 mm). Selain A6, Farikh juga membuat seri buku kayu dengan ukuran A5 (148 x 210 mm). "Untuk jenis yang A6 harganya saya tawarkan seratus ribu kalau yang A5 sekitar seratus lima puluh ribu," tukasnya. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top