Social Media

Share this page on:

Tuntutan Kualifikasi, 51 Anggota Damkar Kota Malang Ikuti Sertifikasi

10-07-2018 - 18:45
Ilustrasi pemadaman kebakaran dalam kegiatan simulasi di halaman Balai Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi pemadaman kebakaran dalam kegiatan simulasi di halaman Balai Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES -Sebanyak 51 anggota pemadam kebakaran (damkar) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan teknis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka juga bakal mengikuti uji kompetensi Sertifikasi Kualifikasi Pemadam Kebakaran I untuk memenuhi kualifikasi yang terstandar. 

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kota Malang Jose Bello mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diadakan oleh Kemendagri dengan mendatangkan instruktur langsung dari Jakarta. "Tujuannya untuk memenuhi Permendagri Nomor 16 Tahun 2009 tentang Kualifikasi Pemadam Kebakaran. Bimtek ini untuk mendapatkan Sertifikasi Kualifikasi Pemadam I," urainya.

iklan

Menurut Bello, peserta kegiatan tersebut tidak hanya dari Kota Malang. Melainkan juga dari Kediri dan Jember. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Hotel Grand Palace Kota Malang untuk penyampaian materi dan praktik di garasi Damkar Kota Malang di Jalan Bingkil. 

"Mekanismenya, setelah bimtek ini mereka mendapat sertifikasi baik tenaga kontrak maupun PNS," ujarnya. Tujuannya, lanjut Bello, supaya seluruh anggota lapangan Damkar Kota Malang makin profesional, meningkatkan kompetensi, serta semakin mengerti tugas dan kewenangan mereka. 

Menurut Bello, sertifikasi pemadam sendiri berlaku berjenjang mulai I, II dan III. Dalam sertifikasi Pemadam I, anggota damkar harus mengerti teori dan penguasaan alat. "Yang harus dikuasai antara lain soal penanganan tumpahan minyak di atas air saat terjadi pemadaman, penguasaan semua jenis alat pemadam api ringan (Apar) dan penyelamatan saat kebakaran," pungkasnya.


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha

Top