Social Media

Share this page on:

Bangun 6 Km Jalan di Ampelgading, PU Bina Marga Gelontor 4,8 Miliar Rupiah

10-08-2018 - 10:40
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni menyatakan pembangunan jalan  antar-desa di Ampelgading selesai tahun 2018. (Nana)
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Romdhoni menyatakan pembangunan jalan antar-desa di Ampelgading selesai tahun 2018. (Nana)

MALANGTIMES - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang terus mengawal pembangunan jalan di wilayahnya, khususnya di wilayah-wilayah perdesaan yang memiliki kondisi ekstrem karena lokasi kerap mengalami longsor. Seperti di jalan antar-desa Purwoharjo tembus ke Lebakharjo,  Kecamatan Ampelgading, sepanjang 6 kilometer (km).  

Masyarakat sejak beberapa tahun lalu mewacanakan adanya pembangunan rabat jalan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Malang.  Asalnya jalan tembus antardesa tersebut berupa makadam. Setelah mengalami beberapa kali longsor,  akhirnya ada usulan untuk dilakukan pembangunan rabat beton. 

iklan

"Setelah diusulkan pihak desa,  kami langsung menyelesaikan longsor terlebih dahulu. Sebelum mengerjakan pembangunan jalannya. Pasalnya ada beberapa titik ekstrim di sepanjang jalan itu," kata Romdhoni, kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Jumat (10/8/2018) kepada MalangTIMES. 

Di jalan tembus antardesa sepanjang 6 km tersebut,  terdapat empat titik esktrem. Berupa tanjakan,  tikungan maupun tebing yang rawan longsor. Kondisi inilah yang nantinya,  menurut Romdhoni akan dikerjakan terlebih dahulu. 

Tidak tanggung-tanggung,  Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang menggelontorkan dana Rp 4,8 miliar untuk pembangunan rabat beton di lokasi tersebut. Dana besar tersebut dalam upaya menuntaskan jalan tembus dua desa yang akan menghidupkan perekonomian masyarakat Purwoharjo dan Lebakharjo. 

"Kami genjot pembangunan jalan di sana. Target kami, tahun ini selesai. Ini sebagai wujud visi misi pemkab Malang dalam menghubungkan jalan antar desa," ujar Romdhoni. 

Disinggung mengenai adanya kegiatan nasional yang akan dilaksanakan di Lebakharjo,  yaitu Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018, Dinas PU Bina Marga akan menghentikan dulu proses pembangunan jalan tersebut. Hal ini agar tidak mengganggu kegiatan yang rencanaya akan dihadiri ribuan peserta pramuka se-Indonesia dan akan didatangi oleh Presiden Joko Widodo. 

"Kami hentikan dulu beberapa hari. Untuk kondisi sekarang 4 titik kritis di sana sudah diperbaiki. Untuk rabatnya juga sudah terpasang walau belum selesai semuanya. Sudah bisa dilalui walau belum begitu nyaman sepanjang 6 km ini," terang mantan kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang ini. (*)


Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES

Top