Social Media

Share this page on:

Kemarau Panjang, Dua Unit Mobil PMK Kota Batu Justru Ngandang Tak Bisa Digunakan

10-08-2018 - 18:25
Deretan mobil PMK yang terparkir di kantor Markas Komando Pemasam Kebakaran Jl Kartini, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Deretan mobil PMK yang terparkir di kantor Markas Komando Pemasam Kebakaran Jl Kartini, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Memasuki kemarau panjang tentu kewaspadaan akan bencana kebakaran semakin tinggi. Sayangnya kondisi mobil Pemadam Kebakaran Pemkot (PMK) Kota Batu saat ini justru tidak semua bisa beroperasi. Ada dua mobil PMK yang tidak bisa dioperasionalkan.

Karena kondisi tidak bisa difungsikan atau rusak sehingga saat ini terparkir di area Markas Komando Pemasam Kebakaran Jl Kartini, Kecamatan Batu. Rusaknya ke dua mobil ini tentunya sangat berpengaruh pada kinerja dari tim PMK saat bertugas.

iklan

Seperti pada kejadian kebakaran di Desa Pesanggarahan beberapa hari yang lalu PMK merasa kinerja tidak bisa maksimal karena hanya menggunakan 1 unit mobil pompa. Sedangkan 2 unit mobil pompa lainnya rusak.

“Sudah beberapa bulan rusak dan sudah dilaporkan ke dinas, tapi belum diperbaiki,” kata Kepala Bidang Operasional Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Batu Santoso Wardoyo.

Kerusakan pada mobil pompa itu sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Namun tidak ada tanggapan oleh Pemkot Batu.

“Kondisi mobil pompa ini kalau dijalankan bisa tetapi kalau penanganan tidak bisa optimal. Kalau dipaksakan takutnya akan memperparah,” jelasnya. 

Ia menjelaskan jika sesuai dengan Strandart Operational Prosesur (SOP) minimal dua mobil yang harus dioperasionalkan. “Karena memang mobil pompa ini sangat penting perannya dalam penanganan kebakaran,” ujar Santoso.

Karena peran yang sangat penting, Santoso berharap agar segera mendapatkan perbaikan untuk mobil. Sebab jika kejadian kebakaran yang sangat besar tidak bisa mengandalkan satu mobil pompa dan satu mobil tangga saja.

“Jangan sampai ada kejadian besar. Tapi kami berharap segera ada penanganan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menambahkan kerusakan mobil tersebut rencanaya akan dimasukkan ke dalam pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“Mobil PMK itu memang sangat penting sehingga anggaran akan dimasukkan dalam PAK akan bisa segera difungsikan dengan maksimal,” ungkap Punjul.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES (Jatim TIMES Network)


Top