Social Media

Share this page on:

Dongkrak PAD, Pemkot Dekati Penyumbang Pajak Potensial

10-08-2018 - 20:45
Kepala BP2D Ir Ade Herawanto ST MT saat memberikan sambutan dalam sosialisasi pajak hotel. (Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)
Kepala BP2D Ir Ade Herawanto ST MT saat memberikan sambutan dalam sosialisasi pajak hotel. (Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Pelayanan Pajak daerah (BP2D) Kota Malang masih terus gencar menggelar sosialisasi kepada wajib pajak. Kali ini sasarannya adalah para pemilik hotel, guest house dan rumah kos. Sebab dinilai sebagai lini yang potensial sebagai penyumbang pajak daerah terbesar ke lima di Kota Malang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BP2D Ir Ade Herawanto ST MT di Ruang Sidang Balai Kota, Jumat (10/8). Berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2010 yang direvisi menjadi Perda Nomor 2 Tahun 2015 Pajak hotel meliputi pajak hotel dan rumah kos dengan jumlah kamar lebih dari 10 kamar.

iklan

Di Kota Malang sendiri untuk pajak hotel terdapat 1.125 wajib pajak. Rinciannya, 80 wajib pajak hotel. 77 wajib pajak pemilik guest house, dan 995 wajib pajak pemilik kos-kosan. Dari kesemuanya pajak sebesar 10 persen diberlakukan untuk hotel dan guest house sedangkan kos-kosan dikenai pajak 5 persen.

“ini sebagai salah satu upaya untuk peningkatan PAD Kota Malang untuk sadar pajak demi kemakmuran Bumi Arema,”ujar Ade.

Ade juga menyebutkan di tahun 2018 ini target pajak hotel meningkat menjadi Rp 38 Miliar dari sebelumnya sekitar Rp 36 Miliar. “Target kita memang setiap tahun meningkat 10 persen, tapi realisasinya lebih dari 10 persen,”ungkap vokalis D’Kross ini.

Ditambahkannya usai sosialisasi pajak hotel, BP2D selanjutnya akan gencar melakukan sidak terhadap rumah kos, hotel dan guest house dengan menggandeng Satpol PP, Keajri, dan pihak-pihak terkait lainnya. Tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan penyegelan terhadap pihak-pihak yang melanggar. “Mudah-mudahan di tahun ini hingga kedepannya naik terus. Mungkin nanti ada inovasi lagi,”pungkasnya.


Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha

Top