Social Media

Share this page on:

Masjid Sultan Agung Dirombak Jadi Masjid Wisata

14-09-2018 - 07:44
Masjid Sultan Agung terletak di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Masjid Sultan Agung terletak di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Masjid Sultan Agung di Kota Batu bakal dirombak jadi masjid wisata. Masjid yang terletak di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, itu nantinya bisa jadi alternatif untuk singgah sambil berkuliner.

Masjid yang dibangun oleh Yayasan Muslim Pancasila ini memang sering dijadikan tempat beribadah oleh wisatawan karena lokasinya yang strategis. Keberadaan Masjid Sultan Agung juga representatif karena dekat dengan hotel di daerah tersebut.

iklan

Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu ingin mewujudkan Masjid Sultan Agung sebagai masjid wisata. Rencana itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap Kota Batu sebagai kota pariwisata. “Jadi, Kemenag Kota Batu sudah mengajukan usul terkait dengan pembangunan masjid karena ingin juga berperan di kota wisata ini,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Nantinya pembangunan itu akan didesain dengan apik mengingat Masjid Sultan Agung memiliki area yang cukup luas. Kemudian akan dikembangkan penambahan area kuliner dan tempat oleh-oleh di sekitar masjid.

“Nanti di area masjid itu juga bisa jadi tempat kuliner atau oleh-oleh dengan menggandeng usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan leading sector Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan,” ujar Punjul. 

Rencananya perencanaan Masjid wisata Sultan Agung ini bakal dimasukkan dalam perubahan anggaran keuangan tahun 2018. Sehingga pada tahun 2019 nanti bisa langsung dieksekusi pembangunannya.

Punjul menambahkan, adanya masjid wisata ini akan menambah tujuan wisata religi di Kota Batu. Lebih-lebih saat ini Nahdlatul Ulama memiliki Masjid An-Nur dan Muhammadiyah dengan Masjid At Taqwa.

“Destinasi tempat wisata agama. Masjid dipoles bekerja sama dengan Pemkot Batu. Direhab tetapi tidak mengurangi model aslinya saat modifikasi,” ucap politisi PDIP ini. (*)


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Batu TIMES (Jatim TIMES Network)


Top