Social Media

Share this page on:

Jokowi dan Pasukan Avengers Siap Hadapi Thanos, Gerindra: Pencitraan Itu...

14-09-2018 - 12:54
Presiden Jokowi menggebrak forum internasional dengan pemakaian analogi judul film Infinity War. (Ist)
Presiden Jokowi menggebrak forum internasional dengan pemakaian analogi judul film Infinity War. (Ist)

MALANGTIMES - Loncatan cerdas dalam pemilihan kalimat yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam acara World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam, mendapat apresiasi luar biasa. Namun, apresiasi tersebut juga tidak terlepas dari adanya kritikan dan serangan dari kubu lainnya. 

Jokowi dalam acara tersebut menganalogikan perang dagang antara Amerika Serikat dan China serta berbagai efek turunannya seperti kisah film Avengers: Infinity War yang diproduksi Marvel Studios dan didistribusikan Walt Disney Studios Motion Pictures. 

iklan

"Ada sosok Thanos yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi.  Saya dan sesama rekan Avengers lainnya siap untuk mencegah hal tersebut terjadi," kata Jokowi berkelakar seperti dilansir media nasional, Kamis (13/9/2018) kemarin. 

Pemakaian analogi Avenger serta sosok menakutkan Thanos yang membuat pasukan Avenger kalang kabut dan melenyap menjadi debu oleh Jokowi di forum internasional tersebut mendapat respons sangat tinggi dari warganet Indonesia. Ribuan jempol dan komentar mengalir di akun Instagram @jokowi. 

@reydecal menuliskan surprisenya atas pemakaian analogi milineal oleh Jokowi dalam forum internasional tersebut. "ANJAY PRESIDEN GUA SKRNG BAWA-BAWA INFINITY WARS! FIX GUA COBLOS JOKOWI LAGI INI MAH! " tulis reydecal. 

Komentar senada hampir memenuhi akun Jokowi. Rata-rata warganet memberikan apresiasi tinggi atas kecerdasan Jokowi yang mencoba membahasakan urusan njlimet mengenai perdagangan internasional dalam kondisi yang kian memprihatinkan dengan bahasa gaul,  milineal dan mudah dipahami oleh khalayak umum. 

@caturajiprasetyo menulis, :"Milenial banget sih pak perumpamaannya sampai bawa2 thanos dan infinity wars,  keren banget donk Presiden RI kita, ". Warganet yang mengaku dari Jayapura-Papua dengan @hitsjayapuraofficials menuliskan, "Presiden terbaik masa kini Pak Jokowi lanjutkan 2019-2024 kami dari Jayapura-Papua mendukung, ". 

Pemakaian analogi Avengers ternyata telisik demi telisik ada keterkaitan dengan apa yang sedang dilakukan Jokowi di Papua. Jokowi sedang menugasi jajarannya menggarap sebuah bangunan di Indonesia berdesain mirip logo Avangers. Bangunan tersebut disebut monumen kapsul waktu, yaitu  tempat penyimpanan kapsul yang berisi 238 impian anak Indonesia yang diambil dari 34 provinsi.  

Impian tersebut dikumpulkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015, dan ditandai dengan tulisan Jokowi yang berisi impian dan mimpinya untuk Indonesia 70 mendatang. "Ini keren pak @jokowi #2019tetapjokowi #2periode" tulis @iambagussaputra. 

Dalam kesempatan berbeda,  lawan politik Jokowi menanggapinya dengan berbeda dan menyampaikan semua itu adalah pencintraan saja. 

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Andre Rosiade -anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra- menyatakan, Jokowi sedang melakukan kampanye dan pencitraan jepada masyarakat milenial Indonesia. "Itu jelas kan karena memang dia (Jokowi) kampanye. Istilah itu kan terkenal di kalangan milenial. Dia ingin gaet milenial, kalahkan Bang Sandi (Sandiaga Uno) yang sudah jelas merupakan idola para milenial," ucapnya, Kamis (13/9/2018) kemarin. 

Andre juga menilai analaogi 'Thanos' dan 'Infinity War' untuk menggambarkan kondisi ekonomi Indonesia saat ini sama sekali tidak berkaitan dengan situasi saat ini. Dia menilai hal itu hanya polesan buat mendongkrak citra Jokowi.

"... Namanya orang lagi kampanye, pencitraan. Ya begitu nggak nyambung. Kan dia tau di kita ada Bang Sandi makanya melakukan itu," ujar Andre. (*)


Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES

Top