Social Media

Share this page on:

Tak Berizin, Rumah Opa Leluasa Jual Miras (4)

Diminta Dinas Perdagangan Mengurus Izin Miras, Pengelola Rumah Opa Cuek

15-09-2018 - 06:00
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Usaha penjualan minuman keras di Rumah Opa di Jl. Welirang No.41a, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, selama bertambah jelas berjalan tanpa mengantongi izin dari dinas terkait.

Selain pihak kelurahan maupun kecamatan yang telah terang-terangan menegaskan Rumah Opa menjual minuman beralkohol tanpa izin, hal tersebut juga dipertegas oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang.

iklan

Kepala Disdag Kota Malang Wahyu Setianto mengungkapkan setelah melakukan pengecekan, memang benar bahwa Rumah Opa dalam usahanya tak mempunyai izin untuk penjualan minuman beralkohol.

"Rumah Opa tidak mempunyai izin penjualan minuman beralkohol mas," Tegas Wahyu ketika dihubungi MalangTIMES pada (26/8/2018).

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan sebenarnya tim Disdag Kota Malang beberapa kali meminta pengelola Rumah Opa segera mengurus izin usahanya namun tak tak digubris alias cuek.

"Namun nyatanya sampai sekarang, tidak ada tanggapan dari pihak Rumah Opa untuk mengurus izin yang dipersyaratkan," tegas Wahyu.

Jika sudah tidak ada itikad baik untuk mengurus perizinan maka tentunya akan ada penindakan. Akan tetapi tindakan tersebut bukan berada pada wilayah atau kewenangan Disdag Kota Malang.

"Untuk penindakan sepenuhnya kewenangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang merupakan penegak Peraturan Daerah (Perda)," ujarnya.

Pihaknya hanya memiliki kewenangan memberikan laporan ke Satpol PP jika ada pelaku usaha yang berjalan tanpa izin dengan tujuan agar segera memberikan tindakan tegas.

"Tugas Disdag adalah menyosialisasikan perda minuman beralkohol, juga pembinaan kepada pengusaha agar mematuhi perda yang ada. Sebenarnya kami sudah minta Rumah Opa untuk mengurus perizinan, tapi kalau tetap membandel tidak mau mengurus izin, kita laporkan ke Satpol PP untuk diambil tindakan sesuai peraturan yang ada," pungkas Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang ini.


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha


Top