Social Media

Share this page on:

Saat Jokowi Belajar Keras Bahasa Isyarat, Mampu Bikin Haru Netizen, Lihat Videonya

10-10-2018 - 12:21
Jokowi saat belajar bahasa isyarat (@jokowi)
Jokowi saat belajar bahasa isyarat (@jokowi)

MALANGTIMES - Komunitas Tuli. Begitulah mereka lebih memilih dipanggil, dibandingkan dengan komunitas tunarungu. Melalui aktivis komunitas tuli inilah, Surya Sahetapy menyampaikan rasa haru dan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi.

"Rasanya Bapak Presiden mengeluarkan kami dari tempat yang tersiksa karena bahasa isyarat dianggap aneh sebelumnya dan akhirnya diakui masyarakat secara umum," tulis Surya di akun Instagramnya @jokowi Selasa (09/10/2018) kemarin. 

iklan

Rasa haru dan merinding dengan upaya keras Jokowi dalam mempelajari bahasa isyarat yang dipandu Surya, telah menumbuhkan kegembiraan pada penyandang disabilitas tuli. Mereka merasakan sebuah harapan baru dari pandangan yang telah lama ada dalam khalayak umum mengenai bahasa isyarat. Bahasa isyarat adalah bahasa aneh yang tidak dipandang mata sebagian khalayak umum. 

Stigama inilah yang didobrak Jokowi dengan berusaha keras belajar dan memakai bahasa isyarat. "Alhamdullilah. Terimakasih sudah melatih saya bahasa isyarat sederhana," tulis Jokowi dalam akun resminya. Jokowi pun mempraktikkan pembelajarannya dalam pidato pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta. 

Tak pelak warganet bereaksi dengan caption foto yang memperlihatkan Jokowi beserta istri yang sedang berjalan sambil belajar bahasa isyarat. 

@iiesarum menuliskan rasa harunya di akun Jokowi. "Matur sembah nuwun pak @jokowi. Sebagai orang tua yg punya anak tuli saya merasa bapak mendampingi kami di tengah anggapan aneh soal bahasa yang anak2 kami pilih. Sebuah kekuatan baru bagi kami, untuk membersamai anak2 agar berdiri sama tegak dengan teman2. Dengar, terutama dalam hak mendapatkan pendidikan beserta aksesnya. Kami merasa hambatan ini akan berubah menjadi tantangan dengan iringan pimpinan seperti bapak. Terimakasih sudah memberikan akses bagi anak2 kami. Sepindah malih. Matur sembah nuwun, ". 

Raden Ayu Dewi Pujiati atau dikenal dengan nama Dewi Yull seorang penyanyi dan aktris terkenal Indonesia di zamannya, serta memiliki putra difabel pun ikut memberikan komentar atas usaha Jokowi dalam membumikan bahasa isyarat di masyarakat banyak. 

Melalui @dewiyullofficial dirinya menuliskan rasa terimakasihnya kepada Jokowi yang telah memberikan kesempatan kepada putranya @suryasahetapy yang memberikan pembelajaran singkat mengenai bahasa isyarat. 

"Assalamualaikum Yth Bapak Presiden @jokowi terimakasih atas kesempatan yg diberikan kepada ananda kami @suryasahetapy... Awal perjuangan dimulai.. Agar Bahasa Isyarat Indonesia @posbisindo dapat menjadi bahasa isyarat bagi teman tuli yang juga diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dipelajari, sehingga makin banyak penterjemah Bahasa Isyarat di Indonesia yang dapat membantu di sekolah2 inklusi. Salam hormat. Salam kerukunan-dewi yull. ". 

Berbagai komentar lainnya dari warganet pun memenuhi akun resmi Jokowi. Berbagai apresiasi mengalir, pun harapan-harapan besar atas keberadaan para penyandang disabilitas Indonesia. 

@suryasahetapy pun menuliskan bagaimana usaha Jokowi yang secara singkat mempelajari bahasa isyarat tuli. 

"Beliau sangat sabar dan bersedia untuk melatih secara berulang-ulang dalam menggunakan bahasa isyarat, seperti dari bandara, berjalan kaki menuju pesawat, dalam pesawat bahkan di GBK sebelum opening dimulai. Iya cara cepat belajar bahasa isyarat adalah belajar dari instruktur tuli... " tulis @suryasahetapy. 

Bagaimana keseruan Jokowi belajar singkat bahasa isyarat? Bisa anda lihat videonya. 

 

 


Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Malang TIMES


Top