Social Media

Share this page on:

Penuh Inovasi, Penganugerahan Inotek Malang Tahun 2018 Perkuat Potensi Lokal

10-10-2018 - 16:00
Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Kota Malang Erik Setyo Santoso saat menyampaikan sambutan dalam Penganugerahan Inotek 2018 di Hotel Savana, Rabu (10/10/2018). (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Kota Malang Erik Setyo Santoso saat menyampaikan sambutan dalam Penganugerahan Inotek 2018 di Hotel Savana, Rabu (10/10/2018). (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Setelah melalui beberapa tahap, lomba inovasi teknologi (inotek) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang) Kota Malang tahun 2018 telah usai. Sebanyak 12 inovasi teknologi mendapat apresiasi melalui Penganugerahan Inotek Tahun 2018 yang diselenggarakan di Hotel Savana, Rabu (10/10/2018).

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakan, lomba inotek ini merupakan upaya Pemkot Malang untuk mencari karya yang mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa, khususnya di bidang teknologi. Lomba ini akan digelar setiap tahun dalam rangka mempercepat pembangunan iptek melalui penggalian inovasi teknologi dan sumber daya manusia. 

iklan

“Potensi sumber daya manusia di Kota Malang cukup tinggi untuk bisa didorong dan diberdayakan melalui lomba inotek ini,” kata Erik di sela penganugerahan pemenang lomba inotek, Rabu (10/10/2018).

Penganugerahan inotek ini diawali dengan lomba inovasi teknologi yang telah terlaksana. Lomba inovasi teknologi terbagi dalam empat kategori, yaitu bidang agrobisnis, energi, teknologi informasi dan komunikasi, serta lingkungan hidup. 

Penilaian lomba secara murni dilakukan oleh tim juri yang berasal dari perwakilan perguruan tinggi di Kota Malang. Di antaranya dari Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Peserta lomba inovasi teknologi telah diikuti oleh 116 proposal yang terbagi menjadi 32  proposal bidang agrobisnis, 22 proposal bidang energi, 21 proposal bidang lingkungan hidup, serta 41 proposal bidang teknologi informasi dan komunikasi. Sebanyak 116 proposal tersebut diseleksi. Masing-masing 10 proposal sebagai nominator terpilih. Selanjutnya ditetapkan pemenang 1, 2, dan 3 untuk masing-masing kategori.

"Inovator-inovator terbaik yang telah diseleksi di tingkat Kota Malang akan dikirimkan untuk mengikuti lomba inovasi teknologi tingkat Jawa Timur tahun 2018.  Dan juga  diusulkan untuk mengikuti ajang kompetisi di tingkat kementerian atau nasional," imbuh mantan kepala Disperkim Kota Malang itu. 

Penganugerahan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Malang Drs H Sutiaji,  Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto SH MH, serta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang. (*)


Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher :


Top