Social Media

Share this page on:

Berlomba Siarkan Informasi, OPD Kabupaten Malang Mulai Giat Bersosmed

11-10-2018 - 15:51
Screenshot akun Instagram Humas dan Protokol Kabupaten Malang. (@humasprotolkabmalang)
Screenshot akun Instagram Humas dan Protokol Kabupaten Malang. (@humasprotolkabmalang)

MALANGTIMES - Organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang terus bergerak menyebarkan informasi pembangunan setelah disepakati adanya percepatan pembangunan melalui peran aktif dan interaksi masyarakat luas via penyebaran digital. Salah satunya pemilihan media sosial (medsos) untuk siar informasi yang terdigitalisasikan sebagai upaya seluruh OPD berubah dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di era teknologi komunikasi. 

Hal ini pernah disampaikan dan disepakati bersama dalam sebuah rapat koordinasi bersama,  beberapa pekan lalu. Bahwa, masyarakat saat ini lebih memilih ruang dunia maya atau internet, termasuk platform medsos, dalam mencari berbagai informasi apa pun. Tak terkecuali yang terkait dengan seluruh proses pembangunan dalam tubuh pemerintahan. 

iklan

Hanya dalam hitungan pekan, gerakan siar digitalisasi informasi di tubuh OPD bermunculan. Tentunya berbagai informasi kegiatan disesuaikan dengan tupoksinya masing-masing. 

"Sebenarnya kita sudah memulai siar informasi lewat medsos. Tapi,  mungkin belum maksimal. Karena itu, dengan adanya gerakan bersama saat ini, kita semakin mantap," kata Budiar Anwar, kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang,  Kamis (11/10/2018). 

Senada,  Hafi Lutfi -kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang- menyatakan, gerakan siar informasi digital menjadi tepat untuk semakin mengenalkan program kerja serta kedinasan yang ada. 

Akun Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang

Pihaknya sangat mendukung adanya gerakan digitalisasi di tubuh OPD, khususnya di Dishub. "Sejak kita sepakati bersama, di Dishub langsung berjalan. Walau mungkin masih butuh sentuhan lagi. Tapi semua yang ada telah memahaminya," ujar Lutfi. 

Kini,  setiap masyarakat dengan mudah mengakses informasi OPD di Facebook, Instagram, sampai web resmi setiap OPD. Contohnya,  akun Instagram humasprotokolkabmalang yang kini telah memiliki pengikut 2.690 dengan kiriman 469. Akun humas Kabupaten Malang terbilang aktif dalam meng-upload berbagai kegiatan dan menyiarkan melalui medsos resminya. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Malang tidak kalah dalam memasifkan gerakan digitalisasi informasi. Setelah mendapatkan beberapa penjelasan teknis dari tim MalangTIMES, dinas di bawah kepemimpinan M. Hidayat ini langsung mempraktikkannya di tingkat karyawannya. Sebelumnya Dinas Pendidikan juga telah melakukan berbagai loncatan inovasi digitalisasi untuk beberapa program pendidikannya. 

"Tapi, hal ini akan semakin melengkapi informasi di Kabupaten Malang. Ini bagus dan tentunya akan kami tindak lanjuti ke depannya. Sementara kami kuatkan dulu di tubuh kedinasan dulu," ujar Dayat, sapaan kadisdik Kabupaten Malang. 

Mulai menjamurnya medsos resmi pemerintah Kabupaten Malang tentunya akan semakin menarik dan berfungsi layaknya informasi. Apalagi seluruh OPD juga semakin terasah dalam melakukan upload foto yang menarik sekaligus memperbanyak berbagai informasi yang terkait dengan kebutuhan masyarakat banyak. 

Hal ini sudah mulai dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Malang,  melalui akun resminya yang baru saja di-upload. DKP Kabupaten Malang berbagi tips dalam mengolah kripik dengan berbagai bahan pertanian yang tumbuh kaya di Kabupaten Malang. (*)


Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top