Social Media

Share this page on:

Wali Kota Sutiaji Janji Ubah Ramayana jadi Mal Khusus UMKM

11-10-2018 - 19:25
Wali Kota Malang Sutiaji (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Wali Kota Malang Sutiaji (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

MALANGTIMES - Bersiap-siaplah, Mal Ramayana nantinya akan menjadi mal khusus Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan oleh Sutiaji saat Sosialisasi "Belanja dan Jualan Online, Murah. Cepat dan Aman bertempat di Aula Pertamina Polinema tadi (11/10/2018). Dia ingin Malang menjadi kota UMKM. 

iklan

"Saya kepingin Malang menjadi kota UMKM. InsyaAllah saya kepingin membuat ada Mal UMKM. Ramayana ini sebentar lagi sudah masuk kepada pangkuan ibu pertiwi. Jadi Mal Ramayana, itu kerjasama. Jadi pemerintah kota kerjasama dengan Perseroan Terbatas (PT), terus PT itu kerjasama dengan Ramayana. Habis waktunya adalah 2019," terang Sutiaji. 

Mengenai Ramayana, Sutiaji dan timnya sudah menganalisa potensi ke depan dan harus masuk pada pengelolaan Kota Malang.

"Dan pure nanti akan kita gunakan bagaimana UMKM bisa berkreasi di sana," tandasnya.

Tentunya UMKM tersebut nantinya akan didampingi agar segalanya terpetakan. Pendampingannya dari perguruan tinggi. Pendampingannya adalah dalam hal manajemen produksi, manajemen akuntansi, dan manajemen pemasaran. 

"Oke kita biayai. Tapi ketika tidak ada manajemen produksi dia tidak akan bisa bersaing karena high cost-nya. Manajemen produksi adalah berkaitan dengan bagaimana kita meminimalisir cost-nya. Kita minimkan cost tapi high quality. Cost-nya rendah tapi kualitasnya tinggi. Itu adalah dunianya perguruan tinggi," terangnya. 

Dalam penjelasannya, Sutiaji menegaskan bahwa ia memiliki komitmen yang kuat agar bagaimana  penyangga ekonomi bangsa ini dimulai dari ekonomi kerakyatan. Yakni ekonomi yang berbasis rakyat. Menurut Sutiaji, tidak ada alasan UMKM yang tidak bisa maju hanya gara-gara minim modal.

"Agunan tidak menjadi satu-satunya syarat untuk memperoleh pinjaman modal. Ada jamkrida, jaminan kredit daerah. Nanti pemerintah akan menjadi penjamin panjenengan semua dengan catatan mohon perguruan tinggi untuk dilakukan pendampingan," paparnya. 


Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha


Top