Social Media

Share this page on:

Musim Hujan Datang, Masyarakat Wajib Waspada di Wilayah Rentan Pohon Tumbang

08-11-2018 - 12:49
Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang saat memantau proses penyisiran dan pemangkasan pohon rentan tumbang di Pendapa Kabupaten Malang, Kepanjen, Kamis (8/11/2018). (Nana)
Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang saat memantau proses penyisiran dan pemangkasan pohon rentan tumbang di Pendapa Kabupaten Malang, Kepanjen, Kamis (8/11/2018). (Nana)

MALANGTIMES - Hampir dua hari ini, hujan deras mengguyur wilayah Kepanjen dan sekitarnya. Setelah dilanda musim kemarau panjang, hujan yang mengguyur cukup membuat hawa panas menguap. Tapi, satu sisi kedatangan musim hujan tersebut juga menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Khususnya bagi para pengendara di jalanan.

Kekhawatiran tersebut mengenai pohon tumbang yang ada di berbagai wilayah jalan Kepanjen dan sekitarnya. Kekhawatiran tersebut, terbukti. Hujan deras pertama yang mengguyur wilayah Kepanjen telah menumbangkan satu pohon jenis Saman di Jalan Raya Kawi, Kepanjen, dua hari lalu. Untungnya dalam peristiwa pohon rubuh tersebut tidak ada korban jiwa.

iklan

Kondisi inilah yang membuat pihak Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang melalui UPT Pengelolaan Taman langsung melakukan gerakan.

“Musim hujan telah datang. Kita melakukan beberapa antisipasi tentang pohon tumbang. Saat ini kita juga melakukan pengecekan untuk itu di wilayah pendapa Kepanjen,” kata Wahyu Hidayat Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Kamis (08/11/2018) kepada MalangTIMES.

DPKPCK Kabupaten Malang melalui UPT Pengelolaan Taman melakukan penyisiran di wilayah-wilayah yang ada pohon-pohon besar di pendapa kabupaten. Dengan mengerahkan peralatan penebangan pohon, beberapa dahan dan ranting pohon yang telah terlihat lapuk dan rentan tumbang dipangkas.

Penyisiran di wilayah perkantoran pemerintah Kabupaten Malang tersebut, dikarenakan banyaknya pohon-pohon besar yang berada di wilayah tersebut. Seperti di pendapa Kabupaten Malang, Blok Office Kepanjen serta beberapa perkantoran lainnya.

“Ini sebagai antisipasi kita, apalagi musim hujan sudah kembali datang. Kita rencanakan bersama dinas terkait untuk melakukan penyisiran pohon yang ada di wilayah Kabupaten Malang,” ujar Wahyu.

Gerakan antisipasi pohon tumbang di musim hujan oleh DPKPCK Kabupaten Malang juga berkaca pada berbagai peristiwa di tahun 2017 lalu. Setidaknya di tahun tersebut ada sekitar 13 kejadian pohon tumbang dikarenakan hujan dan angin kencang. Sedangkan sejak Januari 2018 sampai saat ini, setidaknya ada 9 kejadian pohon tumbang.

Dengan peristiwa pohon tumbang tersebut, tentunya pihak DPKPCK Kabupaten Malang serta berbagai unsur terkait di tingkat kecamatan perlu melakukan pemetaan dan pemangkasan pohon-pohon yang dipastikan rentan tumbang karena hujan dan angina kencang.

Dari data PMI Kabupaten Malang, ada beberapa wilayah yang memiliki tingkat kerawanan terjadi pohon tumbang saat hujan dan angin kencang. Yakni, Kecamatan Pakis, Kepanjen, Bululawang, Jabung, Wagir, Poncokusumo, Karangploso serta Tumpang.


Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :


Top