Social Media

Share this page on:

Inilah Bus-Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia yang Menempuh Perjalanan Berhari-hari

01-12-2018 - 18:40
Bus Rasa Sayang (foto: google)
Bus Rasa Sayang (foto: google)

MALANGTIMES - Banyak sekali keunggulan bus yang membuat orang memilih transportasi ini untuk bepergian. Mulai dari menghemat biaya karena harga tiket murah, tidak perlu membeli bahan bakar, tidak perlu capek mengemudi, cepat sampai tujuan, dan lain-lain.

Bus juga menjadi transportasi favorite sebagian masyarakat untuk bepergian antarkota, antarprovinsi, maupun antarpulau. Di Indonesia ada banyak PO bus yang melayani trayek jauh. Ada yang memakan waktu tiga hari, lima hari, bahkan ada yang satu minggu lebih. Nah, inilah list tujuh bus di Indonesia dengan trayek terjauh.

1. ALS atau Antar Lintas Sumatera
Perusahaan otobus yang berdiri di wilayah Mandailing ini terkenal sebagai sang penguasa jalanan. Ia juga terkenal sebagai bus dengan barang bawaan paling banyak di atasnya. Maka dari itulah sering juga dikenal dengan Si Raja Paket yang berasal dari Sumatera.

Ada pun trayeknya yaitu dari Medan menuju Malang, Medan menuju Solo, dan yang paling terjauh untuk saat ini yaitu dari Medan menuju Jember. Medan menuju Jember ini menempuh jarak perjalanan kurang lebih 2920 km. Perjalanan bus ini kadang memakan waktu seminggu bahkan lebih.

2. Putra Pelangi
Perusahaan otobus dari Banda Aceh ini kerap dikenal dengan bus-bus kelas atas. Karena terkenal kemewahan hingga kenyamanan yang ditawarkan. Sebelumnya bus ini bernama PO Pelangi. PO Pelangi mulai terdengar namanya sejak era tahun 1990-an. Namun akhirnya berganti nama menjadi PO Putra Pelangi. PO ini tidak pernah ketinggalan untuk menggunakan chassis-chassis terbaru dan body berkualitas tinggi.

PO Putra Pelangi dikatakan juga sebagai salah satu bus dengan trayek terjauh di Indonesia yaitu yang melewati Banda Aceh menuju Jakarta yang menempuh jarak kurang lebih 2551 km dengan waktu tempuh kurang lebih 55 jam.

3. PMTOH
Bus dengan tampilan kucel melayani trayek dari ujung Sumatera sampai ujung Jawa. Tampilannya yang kucel merupakan imbas dari Medan yang dilewati dari Sumatera sampai Jawa. Bus membawa bawaan cukup berat dengan paket-paket yang mengumpul di atasnya.

Bus ini di daerah asalnya yaitu Banda Aceh menjadi primadona yang bersanding dengan bus-bus Sumatera terkenal lainnya, seperti Sempati Star, Antar Lintas Sumatera, dan lain sebagainya. Bus ini memiliki trayek dari Medan menuju Solo, Medan menuju Jakarta, Medan menuju Bandung, dan Medan menuju Tasikmalaya dengan jarak tempuhnya kurang lebih 2524 km serta memakan waktu perjalanan sekitar 55 jam.

4. Medan Jaya
Bus dari Sumatera ini sering dijuluki sebagai sang peluru dari Medan karena terkenal dengan kecepatannya. Bus Medan Jaya ini melayani berbagai trayek, yaitu dari Medan menuju Jakarta yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 1993 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 jam.

Medan Jaya juga melayani trayek dari Medan menuju berbagai daerah di provinsi Riau dan Jakarta. Armada bus Medan Jaya menggunakan chassis bus buatan Merchedes dan Golden Dragon dengan variasi OH 1521 dan OH 1526.

Pembagian kelas layanannya menjadi 4 kelas, yaitu kelas patas AC toilet, ekonomi, eksekutif, dan super executive. Nah, khusus untuk bus Medan Jaya kelas super executive, hanya melayani rute Medan menuju Pekanbaru saja.

5. Aneka Jaya
Bus jalur lintas timur ini merupakan jasa transportasi yang melayani antarkota ataupun antarprovinsi yang sering disebut dengan bus AKAP. Bus yang berasal dari Pacitan ini memiliki beberapa kelas untuk penumpangnya, yaitu kelas ekonomi, kelas AC ekonomi, kelas patas AC toilet, dan kelas VIP.

Semakin banyaknya pesawat dengan tiket murah membuat banyak transportasi darat lintas Sumatera gulung tikar. Namun bus Aneka Jaya masih terus melayani trayek terjauhnya yaitu dari Jakarta menuju Pacitan, Surabaya menuju Pacitan, dan Solo menuju Pacitan. Trayek jauhnya untuk saat ini yaitu Pacitan menuju Pekanbaru yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 1969 km dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 45 jam.

6. Siliwangi Antar Nusa (SAN)
SAN grup adalah kelompok usaha yang didirikan oleh Haji Hasanuddin Adnan yang dirintis sejak tahun 1978. Transportasi SAN grup yang dikenal dengan PO SAN atau PO Siliwangi Antar Nusa ini telah memiliki 43 unit bus dengan berbagai rute di Sumatera dan di Jawa.

Pemasarannya melayani trayek jurusan Bengkulu menuju Jakarta, Bengkulu menuju Padang, dan Bengkulu menuju Palembang. Di tahun 1993 melayani trayek untuk bus AKAM jurusan Bengkulu menuju Jakarta. Rute terjauhnya yaitu dari Pekanbaru menuju Solo dengan jarak tempuhnya kurang lebih 1869 km dengan memakan waktu kurang lebih 40 jam.

7. Rasa Sayang
Bus Rasa Sayang merupakan bus yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Bus ini merupakan salah satu bus dengan trayek terjauh di Indonesia yang melayani rute dari ujung barat sampai ujung timur yaitu dari Jakarta menuju Bima Nusa Tenggara Barat dengan jarak tempuhnya kurang lebih 1726 km. Bus Rasa Sayang dari Jakarta menuju Bima kurang lebih memakan waktu 50 jam. Tentunya waktu yang tidak sedikit untuk melakukan sebuah perjalanan.
 


Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Publisher :


Top