Social Media

Share this page on:

Potensi Industri Pariwisata Halal Rp 3 Triliun, Cawapres Sandiaga Uno Ingin Santri Pelakunya

05-12-2018 - 17:43
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (tiga dari kiri) saat berada di Ponpes An-Nur 2 Bululawang, Kabupaten Malang, Rabu (05/12/2018) (Nana)
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (tiga dari kiri) saat berada di Ponpes An-Nur 2 Bululawang, Kabupaten Malang, Rabu (05/12/2018) (Nana)

MALANGTIMES - Sandiaga Salahuddin Uno Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor 02 kembali menyapa para santri di pondok pesantren (Ponpes). 

Kini, lawatan Sandiaga di hari kedua di Malang Raya ini menuju Ponpes An-Nur 2 di Bululawang yang diteruskan ke Turen dan Gondanglegi serta rencana ke Pagelaran. 

Lawatan Sandiaga di Ponpes An-Nur pimpinan Kyai Zein,  berlangsung cukup lama yakni sekitar 1,5 jam. Sebelum Sandiaga melanjutkan lawatannya ke lokasi lain. 

Di Ponpes An-Nur 2 inilah Sandiaga menyampaikan harapan besarnya kepada para santri. 

Harapan agar para santri nantinya yang menjadi para pelaku dalam industri halal dan pariwisata halal. 

"Industri dan pariwisata halal menunggu para santri untuk jadi pelakunya. Ini peluang besar menggerakan perekonomian Indonesia yang kini belum tersentuh maksimal di berbagai daerah. Di tangan para santri industri halal ini bisa berjalan, " kata Sandiaga, Rabu (05/12/2018). 

Peluang dari industri halal menurut Sandiaga memiliki potensi sebesar Rp 3 triliun. Baik dari sisi industri yang berupa produk makanan minuman,  kosmetik serta sektor pariwisata berbasis halal. 
Peluang besar yang bisa menggerakan perekonomian inilah yang sedang menunggu para santri untuk terjun dan menjadi para pelakunya. 

"Karena yang paling menguasai  industri halal adalah santri. Apalagi jika mereka dididik sedari awal sebagai santri yang tidak hanya menjadi pencari kerja. Tapi juga pencipta kerja. Indutri halal menanti dan menyimpan potensi besar," ujar cawapres idola emak-emak ini. 

Sandiaga menceritakan pengalamannya menginap di hotel berkonsep Syariah di Dau, Kabupaten Malang. 

Dirinya melihat, hotel dengan konsep syariah ternyata memiliki permintaan tinggi dari masyarakat untuk menginap. 

Artinya,  ucap Sandiaga,  industri halal seperti hotel syariah mulai diminati masyarakat atau wisatawan.   

Sandiaga yakin bahwa para santri di Ponpes An-Nur 2 Bululawang mampu menjadi para entrepreneur yang siap terjun dalam industri halal tersebut. 

Walau dibeberapa daerah industri dan pariwisata halal mulai berjalan,  tapi kata Sandiaga,  bisnis-bisnis itu membutuhkan masukan dari para santri. 

"Karenanya, ke depan santri tidak hanya mengetahui ilmu agama saja. Tapi memperkaya diri dengan keterampilan enterpreneurship. Jangan sampai potensi besar ini dikuasai orang lain. Santri jangan sampai ketinggalan," pinta Sandiaga. 


Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher :


Top