Social Media

Share this page on:

Jual Beli Kursi di Fakultas Kedokteran

Tidak Pakai Joki, 'Orang Dalam' Lebih Menjanjikan

24-08-2015 - 10:37
Fakultas Kedokteran UB. (Foto: UB)
Fakultas Kedokteran UB. (Foto: UB)

MALANGTIMES - Menjadi mahasiswa di fakultas elit di kampus ternama di Malang memang menjadi impian para orang tua atau calon mahasiswa. Beragam cara kadang ditempuhnya termasuk meminta bantuan orang dalam.

Penelusuran MALANGTIMES, di salah satu perguruan tinggi di Malang terungkap jika orang yang punya kedudukan atau jabatan di Universitas Brawijaya (UB) memiliki jatah satu kursi untuk memasukkan calon mahasiswa ke FK UB. Beberapa mahasiswa mengaku dapat menjadi mahasiswa FK UB melalui 'orang dalam'.

iklan

Salah satu mahasiswa FK, berinisial KT mengaku pernah ditawarkan masuk ke FK UB melalui 'orang dalam' dengan membayar Rp 400 juta. "Dulu tahun 2011, teman ayah saya kerja di UB ditawarin Rp 400  juta bisa masuk FK UB. Pendaftaran tahun ini sepupu saya ditawarkan juga tapi lebih mahal Rp 800 juta," kata KT.

Bahkan, menurutnya masuk FK UB dengan cara sogokan atau bantuan orang dalam sudah menjadi budaya dan rahasia umum di mahasiswa FK UB. Sebab, ada beberapa teman KT di FK UB mengaku masuk karena bantuan dari saudara, kerabat, kolega bahkan ayah dari mahasiswa itu sendiri.

KT dan ayahnya tidak berminat dengan tawaran seperti itu. Sehingga dia lebih memilih untuk mendaftarkan diri di universitas lain. "Ayah bilang kalau sudah tidak jujur dari awal bisa berantakan di belakang. Jadi lebih milih kampus lain yang jujur," kata KT. Kini KT sudah menjadi mahasiswa FK tingkat akhir di salah satu universitas swasta di Kota Malang. (*)


Pewarta : Tristania Dyah
Editor :
Publisher : Rochmat Shobirin

Top