Social Media

Share this page on:

Cerita-Cerita Mengerikan di Balik Film Kartun Paling Populer, Ternyata Ada Juga dari Kisah Anak Diterkam Beruang

07-12-2018 - 13:25
Screenshot video (youtube)
Screenshot video (youtube)

MALANGTIMES - Kartun  menjadi serial yang banyak dicintai berbagai kalangan. Meskipun segmen utama dari serial kartun adalah anak-anak, orang dewasa terkadang juga tertarik dengan sederet cerita ringan dan lucu yang ditayangkan. Tapi siapa sangka, ternyata di balik kartun-kartun yang populer tersimpan kenangan dan cerita yang mengerikan di balik itu semua.

Baik isi episode yang ditayangkan yang dinilai tak pantas untuk ditonton anak-anak, hingga kisah nyata di balik pembuatan serial kartun itu sendiri. Karena meski selalu dikenal akan kelucuannya, sederet serial kartun ternama di dunia dihasilkan dari kisah nyata yang cukup memilukan.

iklan

Dilansir dari channel Youtube Daftar5, disebut ada 10 serial kartun populer yang memiliki kisah tersendiri dalam pembuatannya. Berikut fakta-fakta yang terangkum dalam 10 serial animasi tersebut. 
1. Doug
Serial kartun yang diproduksi di Amerika Serikat ini mulai populer dan banyak dikenal sejak 1991. Kartun ini banyak dikenal karena keceriaan yang diangkat melalui karakter utamanya. Namun di balik itu, cerita kartun itu dinilai tak pantas ditonton anak-anak karena cenderung mengeksplore kemampuan anak berkebutuhan khusus. Karakter utama digambarkan sebagai anak kelas enam SD yang berkebutuhan khusus dan harus menyesuikan diri dengan lingkungan hidupnya.

Namun saat menyesuaikan diri ia cenderung tidak diterima. Dia pun cenderung digambarkan sebagai sosok yang menyendiri dan bermain dengan imajinasinya. Sehingga cenderung menunjukkan skizofrenia, yaitu penyakit mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir. Gejala paling khas dari skizofrenia paranoid adalah delusi (waham) dan halusinasi.

2. Pocahontas
Serial yang menggambarkan seorang perempuan dari suku Powhatan ini banyak dicintai karena Pocahontas digambarkan sebagai gadis yang sangat ceria dan pemberani. Namun siapa sangka, ternyata kartu tersebut terinspirasi dari kisah nyata yang ternyata sangat tak sesuai dengan jalan cerita dalam serial kartun yang dipertontonkan selama ini.

Kenyataannya, Pocahantas merupakan seorang puteri dari kepala suku Powhatan yang harus mengalami masa kejam saat dipaksa ikut oleh bangsa Eropa saat itu. Pocahantas dipaksa ikut semua adat yang mereka miliki dan diperkosa secara brutal. Bahkan suami Pocahantas dibunuh saat terjadi peperangan antar suku dan bayinya hendak dipotong.

Saat setuju ikut ke Inggris, Pohantas kemudian menjalani hidup berat dan akhirnya bertemu dengab suami barunya. Saat akan kembali ke rumahnya, ia mengalami sakit keras ketika masih berada di atas kapal yang ia kendarai. Lantaran tak memiliki obat, ia pun meninggal saat usia 21 tahun. Sementara ayahnya yang sangat mencintainya itu merasakan kesedihan mendalam dan meninggal satu tahun setelah kematian Pocahantas.

3. Danger Mouse
Bukan karena inspirasi di balik pembuatan serial kartunnya, Danger Mouse dinilai sebagai tontonan yang tak pantas lantaran menggiring pada kisah fantasi yang memberi ruang sangat sedikit untuk manusia. Dalam kisah yang diangkat, diperlihatkan jika para hewan akan menguasai bumi di kemudian hari. Sementara manusia tidak memiliki ruang yang cukup.

4. Jem
Jem menggambarkan persaingan ketat dalam dunia musik. Dalam serial itu, dengan gamblang diceritakan betapa kejinya persaingan dunia musik. Praktik kotor seperti penggunaan uang untuk menghalalkan cara juga disampaikan dalam berbagai adegan dan episode. Sehingga serial ini dinilai samgat tidak bagus dan merusak karakter anak-anak yang menonton.

5. Dora The Explore
Kartun yang satu ini jelas sangat terlenal di kalangan anak-anak. Pembawaan Dora yang ceria dan selalu berinteraksi dengan penonton melalui dialognya dinilai banyak memberi dampak positif bagi perkembangan balita yang belajar berbicara, melihat dan melakukan tindakan. Namun di balik itu, ternyata sikap interaktif yang ditunjukkan Dora dinilai tak baik karena Dora di dalamnya tak berinteraksi dengan orang lain, namun cenderung masuk dalam dunia imajinasinya sendiri.

6. Hey Arnold
Animasi satu ini diangkat dari kisah nyata. Namun kisah pahitnya, kartun tersebut tidak berjalan sesuai dengan jalan cerita yang diinginkan antara Arnold dan pembuatan jalan cerita. Kisah dalam beberapa episode pun cenderung menunjukkan jika anak laki-laki dalam kisah tersebut sering menyimpan rahasia pahit seorang anak yang kerap mengambil keuntungan dari kesedihan orang lain.

7. The Rugrats
Di balik kelucuan karakter utamanya yaitu Angelica, kartun ini ternyata memiliki kisah pahit di baliknya. Karena Angelica merupakan kisah nyata yang sebenarnya memiliki ketergantungan pada narkoba. Dia juga seorang remaja yang mengidap sakit Skizofrenia, yaitu penyakit mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir. Gejala paling khas dari skizofrenia paranoid adalah delusi (waham) dan halusinasi.

Dalam dunia nyata, Angelica memiliki seorang sahabat yang rela menghabiskan waktu bersamanya juga dengan teman-teman imajinasi dari Angelica sendiri. Itu sebabnya, film yang menggambarkan bayi jenius sebagaimana dalam alur The Rugrats dikatakan berasal dari imajinasi Angelica itu sendiri.

8. Crayon Shin-Chan
Di balik kelucuan Shin-Chan, kartun ini juga menyimpan kisah nyata yang sangat menyedihkan. Karena serial ini diambil dari kesedihan seorang ibu yang kehilangan dua anaknya lantaran sebuah kecelakaan. Sang ibu mengalami depresi yang sangat kuat dan pasca meninggalnya ke dua anaknya itu, ia menemukan crayon sang anak dan merasakan jika ke dua anaknya tersebut masih ada. Kecelakaan terjadi saat anak pertamanya hendak menolong anak ke duanya yang akan tertabrak mobil. Namun ke duanya justru meninggal bersamaan dalam kecelakaan yang sama.

9. Marsha and The Bear
Balita lucu dan lincah ini digambarkan memiliki hubungan yang sangat baik dengan seekor beruang ukuran besar. Tapi kenyataannya, Marsha merupakan sosok nyata yang ternyata sangat menyukai dunia sirkus. Suatu hari, Marsha tengah menonton sirkus dan lepas dari pengawasan ke dua orangtuanya. Saat itu, ia menyusup hingga ke kandang beruang. Nahas, beruang tersebut sedang lapar dan menganggap Marsha adalah makanan, dan ia pun menghembuskan nafas terakhirnya di kandang beruang.

10. Spongebob Squarepantas
Bukan lantaran kisah di balik pembuatan kartun, salah satu episode yang ditayangkan dinilai sangat membingungkan dan mempengaruhi mental penonton. Dalam sebuah episode dipertontonkan jika Squidword tengah bermain klarinet miliknya. Sementara Spongebob dan Patrick bermain di halaman rumah Squidwor. Saat hendak bermain klarinet, seorang sales yamg digambarkan mengenakan pakaian khas Scotlandia mengetuk pintunya.

Saat itu, Squidword keluar dan membuka pintu namun menganggap sales tersebut tidak ada. Untuk ke dua kalinya, sales tersebut mengetuk pinta dan mengatakan sebuah dialog lalu meninggalkan Squidword. Di sana digambarkan jika Squidword tak peduli dan melanjutkan bermain klarinet miliknya. Namun belum jelas maksud ceritanya, layar tiba-tiba tertutup tirai merah dan tidak diketahui apa adegan yang terjadi. Itulah yang dinilai sangat mempengaruhi mental penonton.

Nah, itu dia sekelumit cerita di balik serial kartun yang sangat terkenal. Kalian penyuka kartun juga?


Pewarta : Pipit Angreini
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Malang TIMES


Top