Social Media

Share this page on:

Menilik Sejarah Singkat PB Nikko Steel Malang

28-12-2018 - 20:18
Yonggang (pendiri Nikko Steel) (tengah membawa piala) bersama para atletnya (istimewa)
Yonggang (pendiri Nikko Steel) (tengah membawa piala) bersama para atletnya (istimewa)

MALANGTIMES - Kota Malang dikenal sebagai kota yang memiliki potensi atlet olahraga. Salah satunya yakni bulutangkis yang menjadi andalan Indonesia di ajang Olimpiade maupun SEA Games.

Dengan banyaknya atlet yang berpotensi di Kota Malang itulah membuat Bambang atau yang akrab disapa Yonggang membuat klub bulutangkis bernama Nikko Steel pada November 2015 silam.

Alasan Yonggang mendirikan klub bulutangkis juga sangat mendasar, yakni ia ingin ada atlet asli Kota Malang yang mendapatkan gelar juara dunia seperti yang sudah ada.

"Saya ingin atlet di Malang ini bisa mendunia seperti Hendrawan dan Johan Wahyudi, jadi biar ada atlet seperti itu lagi dari sini. Dan kebetulan mereka berdua adalah teman saya, jadi saya termotivasi untuk mencetak atlet agar juara dunia," ungkapnya.

Foto kenangan PB Nikko Steel saat latihan di GOR daerah Celaket Malang (istimewa)

 

Awal mendirikan, Yonggang memiliki empat pelatih antara lain Nur Rahman, Andre, Erik dan pak Gendut. Keempat pelatih tersebut saat itu mendidik sekitar 20 atlet yang berlatih di GOR Bulutangkis daerah Celaket. "Sekarang jadi lima pelatih, ada Nur Rahman, pak Ndut, Sinta, Aris dan Rizky. Atletnya yang semula sekitar 20an, sekarang sekitar 40 sampai 45an," ujar Yonggang kepada MalangTIMES.

Sejak pertama berdiri, klub yang didirikan oleh Yonggang ini didanai oleh perusahaan yang bergerak di bidang kawat las Nikko Steel, dan menjadi sponsor utama hingga kini. Tak ayal, ia menggunakan nama Nikko Steel sebagai nama klub bulutangkisnya.

Disinggung masalah kehidupan klubnya, Yonggang mengaku bahwa Nikko Steel lah yang selama ini membantu, walau ia tak mengesampingkan bantuan dari orang tua wali atlet.

"Kami ada sponsor utama dan tunggal, yaitu Nikko Steel, ada sebenarnya bantuan dari orang tua wali tapi itu kan enggak cukup untuk beli cock, bayar pelatih dan sewa lapangan," terang Yonggang.

Foto terkini PB Nikko Steel saat berlatih di GOR Jalan Terusan Batubara Malang (istimewa)

 

Dengan dana yang cukup mepet, Yonggang tetap bangga kepada atletnya yang memiliki prestasi hingga level nasional. "Saya bangga hingga kini banyak atlet yang prestasinya bagus, seperti Rossa, Galih, Firsa, Arya, Enrico, Evan, Kenzi dan Ibrahimovic. Baru-baru ini kami juga mendapat juara dua nasional, itu event diadakan oleh Pertamina di Surabaya," tutur Yonggang.

Kini Nikko Steel rutin berlatih di Gedung Bulutangkis Jalan Terusan Batubara, mereka hanya meliburkan diri pada hari Kamis. 

 


Pewarta : Hendra Saputra
Editor : A Yahya
Publisher :


Top