Social Media

Share this page on:

Charge 1 Jam Saja, Mobil Listrik Super Ringan Ini Dapat Menempuh Jarak 335 Km

29-12-2018 - 18:45
Mobil listrik karya mahasiswa teknik UMM (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Mobil listrik karya mahasiswa teknik UMM (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

MALANGTIMES - Sekelompok mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah (UMM) yakni Mekatronic Team menciptakan sebuah mobil listrik super ringan yang 1 kWh-nya dapat menempuh jarak 335 km.

Mobil listrik hemat energi tersebut meraih juara 1 dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 kategori Urban Listrik, menyisihkan tim dari perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya. Mohammad Jufri selaku pembina Tim Mekatronik mengaku perolehan nilai 335,09 KM/KWH memecahkan rekor Asia dan dunia. "Informasi dari panitia, angka yang diraih oleh tim UMM ini memecahkan rekor Asia dan Dunia," ujarnya.

Sementara itu, sistem penggerak mobil ini memakai baterai elektrik. "Jadi menggunakan baterai sebagai sumber energi," ungkap Afrianto, mahasiswa jurusan teknik selaku Drive train di Mekatronic Team saat ditemui di UMM.

Sementara pengecasannya dilakukan selama satu jam saja. Afrianto melanjutkan, keunggulan mobil ini dibandingkan mobil lain yakni terletak pada keiritannya. Mobil ini adalah mobil yang paling irit dibandingkan mobil peserta yang lain.

"Ini mobil yang paling sedikit mengonsumsi energi untuk jarak tempuh yang paling panjang. Untuk 1 kWh itu bisa menempuh jarak sampai 335 km," tandas Afrianto.

Capaian ini diakui oleh Jufri atas kerja keras seluruh anggota tim. Beberapa hal dilakukan untuk merancang mobil seefisien mungkin. Di antaranya dengan meminimalisir berat kendaraan agar lebih ringan. Untuk diketahui, mobil ini hanya berbobot 80 kg.

"Angka tersebut diperoleh atas kerja keras tim dengan melakukan beberapa modifikasi pada mobil itu sendiri," papar Jufri.
 

 


Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : A Yahya
Publisher :


Top