Social Media

Share this page on:

Banyak Dijual Online, Wakil Wali Kota Malang Soroti Peredaran Alkohol Ilegal

08-01-2019 - 19:09
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri giat pemusnahan rokok dan alkohol ilegal yang digelar Bea Cukai Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri giat pemusnahan rokok dan alkohol ilegal yang digelar Bea Cukai Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perkembangan pasar dalam jaringan atau online di Malang rupanya dimanfaatkan sebagian pihak tak bertanggung jawab untuk mengedarkan minuman beralkohol ilegal. Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko meminta pada Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, membantu Pemerintah Kota Malang memperketat pengawasan. 

Saat hadir dalam Coffee Morning yang digelar Bea Cukai Malang, Sofyan Edi menyebut bahwa distribusi perdagangan minuman beralkohol dan peredaran barang ilegal yang dijual secara online harus terus diperhatikan. "Tren perdagangan online juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sudah tidak ada batas. Sehingga, semua pihak harus melakukan langkah-langkah pengawasan," ujarnya.  

"Ini dalam rangka  merawat pemuda-pemudi di Kota Malang supaya tidak kena dampak kemajuan zaman, tapi yang negatif," tambah Bung Edi, sapaan akrabnya. Dia juga memberikan apresiasi terhadap capaian pendapatan yang diraih Bea Cukai Malang. 

Menurutnya, perolehan tersebut dapat membantu pemerintah untuk mengembangkan usaha yang menjadi program daerah. "Ini sebuah capaian yang besar, baik dari sisi penindakan dan pendapatan negara. Tugas cukai harus disampaikan maksimal untuk memperkuat daya saing perdagangan maupun bisnis," tuturnya.

Terlebih, politisi Golkar itu menilai bahwa bea cukai memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi masyarakat Kota Malang. Misalnya dari barang-barang terlarang dan merugikan bagi keberlangsungan sistem dan hidup negara. "Kami pun selalu mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan pemberantasan peredaran rokok ilegal dan minuman yang mengandung etil alkohol," tegasnya.

Dalam sambutannya, Sofyan Edi mengatakan bahwa lembaga ini harus dapat melakukan pengawasan dan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Terlebih Kota Malang memiliki banyak industri rokok, yang menghasilkan dana cukai rokok sebagai salah satu pendukung peningkatan pendapatan asli daerah Kota Malang," pungkasnya.

 


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : A Yahya
Publisher :


Top