Perhatikan Asupan Gizi, Bupati Sanusi Ajak Anak-anak Gemar Konsumsi Ikan

Sep 21, 2022 16:10
Bupati Malang HM. Sanusi saat mengikuti senam bersama anak-anak PAUD.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang HM. Sanusi saat mengikuti senam bersama anak-anak PAUD.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM Sanusi mengajak anak-anak yang masih di rentang usia pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk gemar memakan ikan. Hal tersebut disampaikan Sanusi saat menghadiri Festival Gemar Makan Ikan (Gemari) di Taman Rekreasi Sengkaling, Rabu (21/9/2022). 

Sanusi mengatakan, budaya konsumsi ikan perlu digalakkan diantaranya karena kandungan gizi pada ikan yang berperan baik dalam mencegah terjadinya stunting. Menurut ahli gizi, daging ikan mengandung protein yang lebih tinggi dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak seperti daging sapi, domba, kambing dan ayam.

Meskipun dirinya menilai, anak di rentang usia PAUD sudah terbilang jauh dari kerawanan stunting, pemberian nutrisi dan gizi yang cukup perlu tetap diberikan. Salah satunya dengan mengkonsumsi daging ikan. 

"Kalau di rentang usia itu sebenarnya sudah bukan stunting, tapi setidaknya nutrisi dan gizinya perlu tetap dijaga. Daging ikan itu mengandung omega 3 protein dan lainnya. Bisa meningkatkan IQ anak," ujar Sanusi. 

Sementara itu, terkait stunting Sanusi menargetkan bahwa dari jumlah yang ada dalam kurun waktu 1 tahun harus ada penurunan. Tentunya di bantu oleh Dinas Kesehatan, Bidan Desa, Kepala Puskesmas serta posyandu di masing-masing wilayah.

Dirinya menunjukkan, hal itu terbukti dari 26% turun menjadi 10,8 %. Sekarang turun lagi menjadi 8,3%. Untuk menurunkan jumlah stunting tersebut, maka Pemkab Malang terus melakukan berbagai upaya agar kasus stunting di Kabupaten Malang bisa mencapai zero atau nol kasus. Di wilayah kecamatan Dau sendiri masih terdapat 222 kasus stunting.

“Saya menargetkan kepada Camat Dau beserta tim agar setiap bulan harus menurunkan angka stunting setidaknya 10% agar tepat 1 tahun angka stunting di wilayah Kecamatan Dau menjadi Zero. Jika berhasil, saya akan beri hadiah,” pungkasnya.

Topik
Bupati Malang Sanusipodcast ganti statusstunting kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru