Lewat Malang Swim Series, PRSI Kota Malang Seleksi Atlet untuk Popda

Sep 24, 2022 13:36
PRSI Kota Malang gelar Malang Swim Series untuk seleksi atlet muda berbakat. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
PRSI Kota Malang gelar Malang Swim Series untuk seleksi atlet muda berbakat. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Malang menggelar Malang Swim Series. Berbagai nomor diperlombakan pada ajang yang berlangsung di kolam renang Stadion Gajayana ini.

 Malang Swim Series juga menjadi momen untuk penjaringan atlet renang potensial dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) pada November 2022 di Sidoarjo.

"Malang Swim Series ini sehubungan dengan pelaksanaan untuk seleksi popda. Namun Malang Swin Series ini yang pasti jadi program PRSI," jelas Eko Budi Santoso, bidang pembinaan dan prestasi (binpres) PRSI Kota Malang.

Malang Swim Series juga ajang pengobat rindu atlet muda akan kejuaraan. Pasalnya, selama pandemi berkepanjangan, hampir jarang digelar kompetisi atau perlombaan. Termasuk juga porsi latihan yang berkurang. Kondisi itu, diakui Eko, juga berpengaruh pada stamina, kemampuan dan mental para atlet. 

3

"Mental atlet pasti terpengaruh.  Dua tahun tanpa kompetisi. Kalau ada pun jarang dan peserta terbatas," terangnya.

Untuk itulah, Malang Swim Series ini juga bertujuan untuk menggugah dan menggelorakan kembali semangat para atlet renang untuk bangkit dan lebih berprestasi lagi, khususnya untuk atlet usia dini. "Termasuk juga untuk para pelatih, agar bisa menyiapkan atlet muda lebih siap lagi," ungkapnya.

2

Dalam kejuaraan ini, terdapat 34 nomor yang dilombakan. Di antaranya 4 x 50 meter, 4 x 100 meter, 4 x  200 meter gaya bebas, dan 4 x 100 gaya ganti. Di popda nantinya juga terdapat tambahan untuk nomor perlombaan estafet.

Malang Swin Series ini diikuti oleh 9 klub renang di bawah PRSI Kota Malang. Peserta mencapai 267 atlet, terdiri dari 149 putra dan 118 putri. 

Dari masing-masing kategori atau nomor, nantinya akan diambil juara 1 sampai juara 3. Para juara nantinya akan kembali lagi diseleksi dengan ketat sampai mendapatkan atlet berkualitas untuk turun dalam popda. 

1

"Untuk Popda, dijatah atlet 7 putri dan 7 putri," jelas Eko.

Topik
Tips jadi ibu modernIbu modernMalang Swim Series

Berita Lainnya

Berita

Terbaru