Gubernur Khofifah Minta Gelar Pahlawan Nasional Terhadap Syaichona Moh Cholil Segera Terwujud 

Sep 25, 2022 20:07
Tampak Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur saat di wawancarai. (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Tampak Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur saat di wawancarai. (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Gelar Pahlawan terhadap Syaichona Moh. Cholil (Mbah Cholil) Bangkalan sudah saatnya di torehkan. Sebab, Mbah Cholil sudah banyak melahirkan santri-santri yang sudah menorehkan sejarah besar untuk Bangsa Indonesia. 

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Musyawarah Besar 2 (Mubes 2) alumni santri dan simpatisan Syaichona Moh. Cholil (Asschol), di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Moh Cholil Demangan Barat Bangkalan. 

Gubernur Khofifah menyebutkan, bahwa santri-santri dari Mbah Cholil ini tidak hanya terfokus pada pemikiran keagamaan semata, melainkan juga ada pemikirkan tentang kenegaraan dan kebangsaan.

"Dari situ sudah jelas, bahwa kita sudah banyak melihat, jejak dan pemikiran Mbah Cholil Bangkalan ini, dari situ pulalah kita menilai, sudah saatnya beliau mendapatkan anugerah gelar pahlawan nasional," kata Khofifah, Minggu (25/9/2022). 

Sebetulnya, ketika menilai pemikiran hingga jejak langkahnya Syaichona Moh Cholil, sudah tidak ada lagi kekurangan syarat untuk menganugerahkan Mbah Cholil sebagai pahlawan nasional. 

Sementara itu, KH Mohammad Nasih Aschal menyebutkan, terkait gelar pahlawan terhadap Syaichona Moh Cholil, sejauh ini sudah ada sinyal untuk penganugerahan gelar pahlawan terhadap Mbah Cholil tersebut.

"Tadi di hadapan para tamu undangan sudah saya sampaikan, dan semuanya ternyata sudah sepakat untuk memberikan gelar pahlawan kepada Syaichona Moh Cholil," tutur Ra Nasih. 

Hanya saja, untuk memberikan gelar pahlawan terhadap Mbah Cholil, saat ini masih harus dilakukan proses pengusulan ulang. 

"Proses itu akan kami segera lakukan nanti, agar Syaichona Moh Cholil segera dinobatkan sebagai pahlawan nasional," tutupnya. 

Turut hadir, pada Mubes 2 Asschol tersebut, diantaranya Menko Polhukan, Kadensus 88, Menteri Agama, Pangdam Brawijaya dan Kapolda Jatim serta Bupati Pamekasan, Bupati Bangkalan dan Forkopimda Bangkalan.

Topik
Ponpes Syaichona Mohammad Cholil BangkalanGubernur Jawa TimurJATIMTIMES

Berita Lainnya

Berita

Terbaru