Gunung Semeru Erupsi, Kantor SAR Surabaya Siagakan 3 Tim Rescuer

Dec 04, 2022 19:20
Apel pemberangkatan tim rescuer Surabaya (foto: Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya for JatimTIMES)
Apel pemberangkatan tim rescuer Surabaya (foto: Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satu tim rescuer dari Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember telah diberangkatkan menuju ke wilayah Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Minggu (4/12/2022). 

Pengerahan personel dan alat ini dilakukan sebagai upaya kesiapsiagaan atas terjadinya bencana alam erupsi disertai awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemberangkatan tim ke sekitar Gunung Semeru. Tujuannya untuk melakukan perbantuan melakukan evakuasi.

“Jadi Kantor SAR Surabaya mengerahkan 1 tim beranggotakan 10 orang terdiri dari rescuer dari Pos SAR Jember dan potensi SAR dari Siluman Rescue serta Biting Rescue dengan membawa truk personel serta kendaraan rescue car D-Max,” kata Hari.

Hari Adi juga menjelaskan bahwa 2 tim dari Kantor SAR Surabaya juga akan diberangkatkan hari ini menuju lokasi untuk perbantuan personel dan alat.

“Nanti 2 tim beranggotakan 15 rescuer dari Kantor SAR Surabaya juga akan diberangkatkan malam ini dan dikomandani langsung oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya” imbuhnya.

Rencana operasi hari ini yaitu melaksanakan evakuasi warga ke daerah aman. Kemudian juga berkoordinasi dengan BPBD Lumajang serta tim SAR gabungan yang sudah berada di lokasi.

Dari hasil koordinasi dengan Pusdalops BPBD Lumajang, tanggal 4 Desember 2022 erupsi yang disertai Awan Panas Guguran masih berlangsung menerus.

Tinggi kolom erupsi tidak teramati serta awan panas guguran dengan jarak 12 km dari puncak dan masih terus berlangsung. Saat ini status Gunung Semeru naik dari Level III (Siaga) ke Level IV (Awas).

Topik
Gunung SemeruErupsi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru