Bisa Bikin Gemuk, Hindari Sayuran Ini buat List Menu Diet

Jan 02, 2023 10:28
Sayuran dalam wadah mangkuk. (Foto: Pinterest)
Sayuran dalam wadah mangkuk. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Bagi orang yang sedang diet, mengonsumsi sayur menjadi andalan. Sayangnya ada beberapa sayur yang tidak bisa menurunkan berat badan loh, bahkan lebih baik dihindari bagi yang lagi diet.

Malah beberapa jenis sayuran ini  bikin berat badan naik jika dikonsumsi berlebihan. Jika tidak dibatasi konsumsinya, justru bisa membuat diet kalian  gagal. 

Dilansir dari Livestrong, sayuran juga memiliki kalori. Jadi, secara teoritis, kalian dapat menambah berat badan jika memakannya dalam jumlah besar.

Berikut beberapa sayuran yang justru membuat kalian gemuk jika dikonsumsi berlebihan:

1. Kentang

Banyak orang memilih kentang sebagai pengganti nasi. Sayangnya jika dikonsumsi berlebihan, kentang dapat membuat badan menjadi gemuk.

Mengapa demikian? Karena karbohidrat yang terkandung di dalam kentang menjadi permasalahan penambah berat badan. Karbohidrat kentang ini membantu menyimpan lemak yang tidak terbakar di dalam tubuh dalam bentuk lemak berlebih.

Dianjurkan untuk mengonsumsi kentang dalam bentuk sayuran yang dimasak dan hindari mengonsumsinya secara berlebihan dalam bentuk kentang goreng, stik kentang atau keripik kentang.

2. Jagung

Jagung masuk dalam daftar makanan yang dilarang dalam melakukan diet. Sebab, jagung mengandung gula yang cukup tinggi. Gula pada jagung juga bisa menjadi katalisator kenaikan berat badan.

Gula membuat hormon tidak seimbang, termasuk insulin dan kortisol. Hal ini bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak.

3. Wortel

Jika kalian berpikir mengunyah wortel bisa membuat berat badan turun, sebaiknya pelajari lagi. Dilansir dari Readers Digest, wortel mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa membuat berat badan naik, terutama saat dikonsumsi berlebihan.

4. Labu

Meskipun kandungan gula pada labu tidak setinggi wortel dan jagung, labu tinggi kalori. Selain itu, dilansir dalam laman NDTV, labu juga merupakan sayuran bertepung yang dapat menambah berat badan.

5. Kacang hijau

Kacang hijau adalah sayuran yang tinggi serat dan protein. Keduanya diperlukan untuk mengisi bahan bakar dan mengatur makanan dalam tubuh.

Menariknya, kacang hijau juga kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber utama penambahan berat badan. Oleh karena itu, penting berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak yang dapat kalian konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak perlu.

Topik
Aplikasi GB WhatsAppTips Diet

Berita Lainnya

Berita

Terbaru